GoJek Liga 1 2018

Tiga Ribu Personel Keamanan Siap Jaga Laga Persija vs Mitra Kukar

Oleh: Hendi Abdurahman - 7 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
tiga ribu personel keamanan bakal dilibatkan dalam pekan pamungkas Liga 1 2018 antara Persija vs Mitra Kukar, Minggu (9/12/2018).
tirto.id - Laga pekan 34 GoJek Liga 1 2018 antara Persija vs Mitra Kukar yang berlangsung Minggu (9/12/2018) pukul 15.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, diperkirakan bakal menyita perhatian. Selain menjadi pertandingan terakhir musim ini, asa untuk jadi juara yang dirindukan oleh suporter dan warga Jakarta bisa jadi terwujud pada hari tersebut.

Untuk mengamankan laga, Polda Metro Jaya mengerahkan 3000 personel gabungan. Tak hanya itu, jalur rombongan kedua tim, mulai dari hotel hingga stadion pun akan turut diamankan.

“Minggu ada kegiatan sepakbola antara Persija vs Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Karno, kami kerahkan 3.000 personel,” kata Argo Yuwono, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi seperti diwartakan antara, Jumat (7/12/2018).


Menurut Argo, para anggota juga ditempatkan di sekitar stadion termasuk lingkaran dan pintu masuk. Empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah personel keamanan pun disiapkan, termasuk melakukan rekayasa arus lalu lintas kendaraan.

“Kalau kami harus alihkan ya dialihkan, kalau tidak ya kita contra flow, atau buka tutup. Teknis dan taktis di lapangan nanti Dirlantas yang akan melaksanan di lapangan,” sebutnya.

Selain hal-hal yang bersifat teknis, Argo pun mengimbau agar pendukung Persija atau Jakmania dapat memberikan contoh sebagai suporter yang mempunyai etika tinggi. Dirinya juga memastikan bahwa pihak aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter, guna menghindari masuknya benda berbahaya ke kawasan stadion.

Antusiasme suporter dan warga Jakarta untuk menyaksikan tim kesayangannya menjadi yang terbaik musim ini sangatlah besar. Hal itu dikarenakan Macan Kemayoran sudah lama tak menjadi juara liga.

Terakhir kali Persija juara yakni pada 2001. Uniknya, kala itu, runner-up diraih oleh PSM. Andai Minggu sore nanti Persija menang, maka juara Liga 1 2018 mirip dengan apa yang terjadi pada 17 tahun silam. Persija juara dan PSM runner-up.



Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram