Menuju konten utama

Tiga Brand Travel Online Belanja Iklan TV Ratusan Miliar

Traveloka, Trivago dan Misteraladin membelanjakan dana lebih dari separuh triliun rupiah untuk iklan di TV

Tiga Brand Travel Online Belanja Iklan TV Ratusan Miliar
tampilan web traveloka foto/www.traveloka.com

tirto.id - Tiga brand travel online, yakni Traveloka, Trivago dan Misteraladin.com, menaikkan belanja iklannya di televisi selama 2016 hingga mencapai nilai menedekati Rp1 triliun. Nilai belanja iklan TV ketiga brand itu naik pesat dibandingkan data pada 2015.

Lembaga riset iklan televisi, adstensity mencatat Traveloka menaikkan belanja iklannya di TV pada 2016 sebanyak 4,54 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya hingga mencapai nilai Rp659 miliar.

Adapun Trivago, sebagaimana pantauan adstensity, telah menghabiskan belanja iklan TV sebanyak Rp199 miliar selama 2016. Nilai itu melesat jauh dibandingkan pada 2015 dan mengalami kenaikan sebanyak 146,34 persen.

Sementara Misteraladin.com menghabiskan dana untuk belanja iklan TV selama 2016 sebanyak Rp142 miliar atau naik 183 persen ketimbang angka pada 2015.

Perkembangan ini menyimpulkan ada pertumbuhan pesat pada sektor industri tour dan travel, terutama sekali ketika marak bermunculan brand traveling online. Adstensity memperkirakan sektor industri ini tumbuh 56,12 persen selama 2016.

Adstensity mencatat Traveloka mengungguli brand-brand pesaingnya yang lain dalam hal belanja iklan di TV karena selama 2016 memasang lebih dari 32.000 titik iklan TV. Adapun Trivago memasang 6.467 titik iklan dan Misteraladin.com 3.853 titik.

Adstensity menaksir selama 2016 belanja iklan TV secara keseluruhan pada 2016 di Indonesia mencapai total Rp96,8 triliun. Jumlah itu mengalami kenaikan 33,52 persen dibandingkan pembukuan belanja iklan di TV pada 2015 yang hanya mencapai Rp72,5 triliun.

Industri makanan dan minuman masih mendominasi belanja iklan di TV selama 2016 yang mencapai nilai Rp20,7 triliun. Angka itu disusul oleh pengeluaran untuk belanja iklan TV dari industri produsen produk perawatan tubuh yang mencapai Rp17,8 tirliun.

Baca juga artikel terkait IKLAN TELEVISI atau tulisan lainnya dari Addi M Idhom

tirto.id - Bisnis
Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom