The 1975, Dua Lipa, Calvin Harris Raih Piala Utama Brit Awards 2019

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 21 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemenang Brit Awards 2019 didominasi perempuan untuk kedua kalinya dalam sejarah penghargaan.
tirto.id - The 1975, DJ Calvin Harris, dan penyanyi serta penulis lagu Dua Lipa memenangkan penghargaan utama Brit Awards 2019 yang digelar Rabu (20/2/2019) waktu setempat di O2 Arena London.

Kuartet dari Manchester, The 1975 dinobatkan sebagai British Group sekaligus Mastercard British Album Of The Year untuk album A Brief Inquiry into Online Relationships.

Associated Press (AP) mewartakan, Calvin Harris meraih Best British Producer. Bersama Dua Lipa, ia mendapat British Single untuk lagu "One Kiss".

Tahun ini, pemenang Brit Awards didominasi perempuan untuk kedua kalinya dalam sejarah empat dekade penghargaan ini digelar di Inggris. Kemenangan ini sekaligus mematahkan kritik masa lalu yang menyebut Brit gagal mencerminkan keragaman musik Inggris.

Lipa, sebelumnya telah memenangkan dua penghargaan Grammy, mendominasi jumlah nominasi Brit Awards bersama Anne Marie dengan masing-masing empat kategori. Lipa membawa satu penghargaan utama, sementara Marie pulang dengan tangan kosong.

Paloma Faith, salah satu penyanyi yang mengkritik kelangkaan perempuan pada Brits tahun lalu, mengatakan ia senang dengan keseimbangan gender yang terwakili tahun ini.

"Saya tahu saya membuat banyak orang tidak nyaman dengan mengatakan itu, tetapi sekarang sudah diperbaiki, jadi saya tidak peduli," ujar Faith seperti dikutip AP.

Selain Lipa, sederet musisi perempuan memenangkan penghargaan ini, seperti Jorja Smith, Jess Glynne, Little Mix, Ariana Grande, Nicki Minaj, dan P!nk.

Sebagian besar pemenang Brits dipilih berdasarkan pemungutan suara anggota industri musik. Beberapa dipilih berdasarkan suara publik, termasuk British Artist Video Award yang dimenangkan Little Mix ft. Nicki Minaj “Woman Like Me”.

P!nk menerima penghargaan Outstanding Contribution To Music. "Ini 20 tahun yang luar biasa. Ada 20 lagi," ujar penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat ini.

Dilansir Billboard, acara ini menampilkan The 1975, Calvin Harris dengan Rag’n’Bone Man, Sam Smith, Dua Lipa, Little Mix dengan Ms. Banks, Hugh Jackman, Jess Glynne dengang H.E.R., George Ezra dan P!nk.

P!nk menutup pertunjukan dengan membawakan beberapa lagu hitnya, seperti "Just Give Me a Reason" dan "What About Us?".


Baca juga artikel terkait BRIT AWARD 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora