TGB Mengaku Belum Bergabung dengan Partai Nasdem

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Desember 2018
TGB mengaku memang belum mau bergabung dengan partai manapun usai keluar dari Partai Demokrat.
tirto.id - TGH Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) membantah bahwa dirinya sudah bergabung dengan Partai Nasdem. Usai keluar dari Partai Demokrat, TGB mengaku belum berkeinginan untuk bergabung dengan partai politik manapun.

Hal ini disampaikan TGB untuk merespons pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Sekjen Nasdem Johnny G Plate yang mengatakan mantan Gubernur NTB itu sudah bergabung dengan partai mereka, namun belum secara resmi, tetapi baru informal saja.

TGB mengaku menghormati Surya Paloh yang ia sebut sebagai tokoh nasional. Namun, ia memang belum mau bergabung dengan partai manapun, kendati ia dan Partai Nasdem sama-sama mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Pak Surya Paloh tokoh nasional. Sangat saya hormati. Kerja dan kontribusi kebangsaan Beliau sudah teruji. Jauh sebelum Beliau mendirikan Nasdem. Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kiai Ma'ruf Amin," jelas TGB.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan TGB sudah bergabung dengan Nasdem secara politik, tepatnya saat kunjungan Surya Paloh ke Nusa Tenggara Barat minggu lalu.

“Kebetulan yang menyambut saat itu juga TGB,” kata Johnny. “Enggak bisa masuk per hari Sabtu. Dia sudah gabung lama. Mengatakannya masuk hari Sabtu secara resmi kepada publik.”

Menurut Johnny, TGB sudah sering melakukan kunjungan ke DPP Partai Nasdem, termasuk makan bersama Johnny dan Surya Paloh. Dari perbincangan itu, kata dia, TGB setuju dengan gerakan perubahan yang ingin dicapai oleh Partai Nasdem.

“Dia tertarik dengan sikap politik Nasdem yang antara tutur kata dan perbuatannya sejalan, dia tertarik dengan program Pak Joko Widodo, dia memberikan dukungan pada Pak Joko Widodo, ya itu proses yang berjalan,” kata Johnny lagi.


Baca juga artikel terkait TGB atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto