Tergenang Banjir, Sejumlah Ruas di Tol Cikampek Dialihkan & Ditutup

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 2 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jasa Marga mengalihkan dan menutup sebagian ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang tekena banjir.
tirto.id -
PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengalihkan dan menutup sebagian ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang terkena banjir.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, saat ini terdapat genangan air di Km 24+000 (Cibitung) arah Jakarta setinggi hingga 20 cm di Lajur 1-Lajur 4 sehingga tidak mungkin dilintasi oleh kendaraan.

"Pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta dialihkan keluar melalui akses keluar Cibitung 2 (arah MM 2100) Km 25+000. Pengguna jalan dapat melanjutkan perjalanan melali jalan nasional dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Tambun di Km 21+000," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Kamis (2/1/2020).

Untuk mengurangi kepadatan akibat genangan di Km 24+000 arah Jakarta, saat ini Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan contraflow mulai dari Cikarang Barat Km 29 sampai dengan Cibitung Km 23+800 arah Jakarta sejak pukul 08.15 WIB.

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dari arah Cawang/Halim yang menuju Jalan Tol JORR, saat ini GT Cikunir 4 yang mengarah ke Rorotan beroperasi normal, sementara yang mengarah ke arah Jatiasih dialihkan melalui GT Kalimalang tanpa transaksi [dengan menunjukkan tanda terima GT Cikunir 4 kepada petugas]," tuturnya.

Sementara itu, Gerbang Tol (GT) di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang saat ini ditutup sementara demi keamanan pengguna jalan adalah GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT ibitung 1 & 2, GT Cikarang Barat 5, GT Cikarang Timur arah Jakarta, GT Cibatu, GT Cikarang Utara arah Jakarta serta GT Karawang Barat 2 arah Jakarta.

"Petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air," imbuh Dwimawan.

Untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," tandasnya.


Baca juga artikel terkait TOL BANJIR atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight