Temui SBY, Prabowo Minta Maaf Tak Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Oleh: Andrian Pratama Taher - 3 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prabowo meminta maaf tidak dapat hadiri pemakaman Ani Yudhoyono karena masih berada di Eropa.
tirto.id - Calon Presiden 02 Prabowo Subianto menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyampaikan duka cita atas meninggalnya Alm. Ani Yudhoyono. Hal itu diungkapkan Prabowo usai berkunjung ke kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat, Senin (3/6/2019).

"Saya datang untuk menyampaikan belasungkawa saya kepada senior saya sahabat saya Bapak SBY. Saya juga menyapaikan permohonan maaf saya karena saya masih dalam perjalanan dari Eropa," kata Prabowo di kediaman SBY.

Prabowo pun sempat ingin datang menjenguk Ani. Namun, niat itu ditunda setelah mendengar kondisi anak Sarwo Edhie itu membaik. Lalu Prabowo memutuskan pergi ke luar negeri untuk berobat. Ia mengaku mengalami cedera akibat Pilpres.

"Saya minta maaf, saya juga walaupun sempat nengok beliau di Singapura tapi saya ada niat kembali [dari Eropa] waktu itu. Saya mendengar kondisi Ibu Ani membaik jadi saya menunda, ternyata saya terlambat," kata Prabowo.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan pun membenarkan keterangan Prabowo. Hinca mengaku Prabowo memang ingin menjenguk sebelum meninggal.


"Ketika sudah disiapkan untuk membesuknya ternyata dapat kabar ibu Ani membaik, karena itu dia menunda lagi kebetulan menurut beliau dia ada cedera di punggung dan harus pengobatan ke eropa. Tempatnya dia sebut di Austria," kata Hinca di kediaman SBY, Cikeas, Jawa Barat, Senin.

Hinca menuturkan, Prabowo langsung bergegas pulang begitu mendengar kabar Ani memburuk. Ia pun langsung menghubungi Hinca meski Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan Prabowo akan ke Cikeas.

"Setelah dengar itu kemudian mengambil langkah untuk cepat kembali sampai tadi. Begitu sampai tadi di Indonesia, dia kontak meski pun kemarin Pak Muzani sudah menyampaikan ke saya kemungkinan Pak Prabowo akan besok datang dan akan langsung ke Cikeas," kata Hinca.

Ia kemudian menyampaikan keinginan Prabowo kepada SBY. Ketua Umum Partai Demokrat itu pun mengiyakan untuk bertemu dengan Prabowo. Sebab, SBY tidak ada kegiatan kecuali tahlilan.

"Memang hari ini sama sekali tidak ada kegiatan menerima tamu kecuali nanti acara doa bersama nanti ini. Karena disampaikan begitu Pak SBY langsung bilang oke yuk kita siapkan, kita terima. begitu cepat sekali responnya. Lalu kami kontak lagi jadilah pertemuan tadi," ujarnya.


Baca juga artikel terkait ANI YUDHOYONO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight