Tata Cara Sholat Taubat Beserta Bacaan Niat dan Doanya

Oleh: Abdul Hadi - 17 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sholat taubat adalah salat sunnah yang terdiri dari dua raka'at dan dilakukan sebelum bertaubat atau meminta ampun kepada Allah SWT.
tirto.id - Tidak ada manusia yang luput dari kekurangan dan kesalahan. Namun, Islam mengajarkan tak ada aib bagi orang yang berbuat kesalahan asalkan ia segera sadar dan meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa yang telah dilakukannya.

Penyesalan atas perbuatan dosa itu dicapai dengan taubat, yang disertai dengan tekad untuk tidak mengulanginya dan keinginan kuat memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan.

Sebagaimana dilansir NU Online, bertaubat adalah kewajiban bagi setiap pelaku dosa. Jika taubat yang dilakukan benar, dosa yang sudah dilakukan akan dilebur dan dihapuskan.

Keutamaan bertaubat disebutkan dalam firman Allah SWT, yakni QS. Ali Imran ayat 135:

"Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya, sedang mereka mengetahui."

Adapun taubat yang paling utama ialah taubat nasuha, yakni penyesalan yang ditekadkan dengan sungguh-sungguh, disertai niat kuat untuk tidak akan mengulangi dosa yang sama lagi. Tujuannya adalah meminta ampun kepada Allah SWT atas kesalahan yang dilakukan.

Setelah seorang muslim menyadari dosa dan kesalahannya, kemudian bermaksud bertaubat, ia dianjurkan mendirikan salat sunah taubat, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini:

"Tiadalah seseorang yang berdosa kemudian ia berwudu dengan sebaik-baiknya, lalu salat dua raka'at memohon ampun kepada Allah, kecuali Allah mengampuninya." (HR. Ahmad dan Ash-habus Sunan).

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad di atas, dapat dinyatakan bahwa salat taubat adalah sholat sunah yang terdiri dari dua raka'at dan dilakukan sebelum bertaubat kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan.

Sebagaimana ditulis Khalilurrahman Al-Mahfani dan Abdurrahim Hamdi dalam buku Kitab Lengkap Panduan Shalat (2016: 525), tidak ada perbedaan dalam mendirikan salat taubat dari pelaksanaan sholat pada umumnya.

Adapun niat salat tobat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Bacaan: Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillahitaala

Artinya: Saya berniat salat sunah tobat dua raka'at dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.

Usai mendirikan sholat taubat, dianjurkan membaca istigfar disertai penyesalan serta upaya untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa. Selanjutnya, dapat diteruskan dengan membaca doa sebagai berikut:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Bacaan: Robbana dholamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lana kuunanna minal khosirin

Artinya: Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.


Baca juga artikel terkait SHOLAT atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight