Tata Cara Pemilihan Program Studi SBMPTN 2018

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 28 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Para calon peserta SBMPTN 2018 dapat memilih kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran, dan pemilihan program studi harus berurutan sesuai dengan prioritas pilihan.
tirto.id - Pendaftaran SBMPTN akan dibuka 5 April 2018 mendatang, yang dilakukan secara online. Bagi peserta SBMPTN, melalui model seleksi UTBC dimulai pada 5 April pukul 08.00 WIB, sementara model UTBK dibuka pada 18 April, dan berakhir 27 April pukul 22.00 WIB.

Pada penyelenggaran tahun ini, SBMPTN akan menggunakan model Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Kelompok ujian tulis SBMPTN terbagi menjadi tiga jenis. Bagi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) diujikan dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek. Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) aka diberi soal ujian TKPA dan TKD Soshum. Sementara kelompok ujian Campuran mendapat materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.


Berikut ini adalah cara memilih program studi di SBMPTN 2018:

1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut
- Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
- Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
- Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN mana pun.
5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) atau 3 (tiga) program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.

Adapun biaya pendaftaran SBMPTN ditanggung oleh peserta, yakni Rp200.000. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.





Baca juga artikel terkait SBMPTN atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo