Tarif Zoom dengan Fitur Enkripsi End-to-End Mulai Rp200 Ribuan

Oleh: Ibnu Azis - 9 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Zoom kini sudah mendukung fitur enkripsi ujung ke ujung tapi untuk pelanggan berbayar.
tirto.id - Zoom tingkatkan mode keamanan layanannya dengan menambahkan fitur enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) untuk pelanggan berbayar.

"Zoom akan menawarkan mode rapat terenkripsi ujung ke ujung ke semua akun berbayar," kata Zoom dalam sebuah pernyataan dilansir unggahan blog perusahaan, Sabtu (9/5/2020).

Mengenai tarif paket berlangganan Zoom sebagaimana dilansir Phone Arena dikutip Antara, dimulai dengan harga 14,99 dolar AS atau sekitar Rp224 ribu per bulan.

Akan tetapi, rapat dengan fitur enkripsi ujung ke ujung aktif tak mendukung perekaman cloud.

Konferensi video dengan enkripsi ujung ke ujung aktif akan memberikan keamanan yang setara atau bahkan lebih baik daripada yang ditawarkan aplikasi pesan lain.

Menurut laporan, fitur itu juga akan menghemat kualitas dan skala video dikarenakan pengguna Zoom yang terus bertambah.

Enkripsi ujung ke ujung itu ditambahkan tak berselang lama selepas Zoom mengakuisisi startup pesan terenkripsi Keybase sebagaimana diwartakan Reuters, Kamis (7/5/2020).

Zoom membeli Keybase, layanan pengiriman pesan dan file yang aman, dengan harga yang dirahasiakan, guna mencari ahli teknis untuk memberikan enkripsi yang lebih kuat pada platformnya.

Seperti diketahui, Zoom telah menghadapi serangan keamanan dan disorot publik lantaran layanannya tidak sepenuhnya dienkripsi dari ujung ke ujung.

Saat anjuran physical distancing, Zoom jadi salah satu perusahaan yang meraup keuntungan dari kebijakan itu khususnya terkait WFH dan belajar dari rumah.

Sementara, pengguna yang sedang karantina diri di rumah karena pandemi corona bisa menggunakan Zoom untuk panggilan video dengan teman dan kerabat tanpa batas durasi pada akhir pekan ini.

Zoom menonaktifkan batasan 40 menit panggilan video gratis akhir pekan ini untuk menghargai para ibu bersamaan dengan Mother's Day sedunia.

"Kami telah bermitra dengan Dove untuk menjadikan koneksi dan perayaan sedikit lebih mudah," kata Zoom dalam unggahan blog perusahaan, Sabtu (9/5/2020).


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight