Tahun Baru 2020: Daftar Agenda Perayaan New Year Eve di Jakarta

Oleh: Yulaika Ramadhani - 31 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
4 rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan akhir tahun di seputar Jakarta
tirto.id - Malam tahun baru atau waktu petang hingga malam hari tanggal 31 Desember adalah hari terakhir dalam tahun kalender Gregorian, tepat sehari sebelum Tahun Baru.

Malam tahun baru biasanya dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga menanti saat pergantian tahun.

Untuk beberapa negara, tanggal 31 Desember adalah hari libur, termasuk Argentina, Brasil, Meksiko, Yunani, Filipina, dan Venezuela.

Jakarta memiliki beberapa spot menarik untuk merayakan tahun baru dengan meriah. Berikut 4 rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghabiskan liburan akhir tahun di seputar Jakarta, sebagaimana dilansir Antara.

Midnight Sale
Malam pergantian tahun bisa Anda habiskan dengan berburu barang diskon di sejumlah mal di Jakarta yang menawarkan pesta diskon di malam hari alias "Midnight Sale".

Sejumlah mal di Jakarta yang menawarkan midnight sale jelang pergantian tahun adalah Aeon Mall Jakarta Garden City.

Mal yang berada di Jakarta Timur itu menawarkan promo midnight sale pada tanggal 28 dan 31 Desember 2019 dengan promo diskon sebesar 50 persen hingga 70 persen untuk toko terpilih. Pengguna kartu kredit BCA bisa mendapat voucher belanja sebesar Rp100.00 hingga Rp150.000.

PIK Avenue juga menggelar midnight sale berlangsung pada 31 Desember 2019 dengan diskon hingga 70 persen. Selain itu, PIK Avenue juga menawarkan fasilitas gratis parkir mulai dari pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

Lippo Puri Mall juga mengadakan ajang pesta belanja akhir tahun pada 31 Desember 2019. Pengunjung diberi tawaran diskon hingga 80 persen di beberapa toko terpilih.


Kembang api

Kemeriahan Tahun Baru tak lengkap tanpa adanya kembang api. Tak perlu jauh-jauh dari Jakarta, sejumlah titik di Jakarta akan menggelar pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

Taman Impian Jaya Ancol rutin menggelar pesta kembang api besar-besaran saat puncak malam pergantian tahun di lima titik sepanjang Pantai Lagoon, Pantai Carnaval, Pantai Festival, Danau Monumen, dan Putri Duyung Ancol.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga akan menggelar pertunjukan pesta kembang api dengan total 7.042 buah tembakan kembang api di Danau Arsipel.

Selain itu, pusat kota Jakarta yakni di Bundaran HI juga akan menjadi pusat perayaan pesta Tahun Baru.

Pemprov DKI Jakarta akan mendirikan panggung hiburan di Bundaran HI dan menampilkan konser musik yang menghadirkan musisi Ibu Kota serta artis-artis papan atas.

Safari malam
Safari malam bisa menjadi pilihan menghabiskan waktu di Tahun Baru. Safari Malam di Taman Safari Bogor berlangsung setiap malam Minggu dan malam liburan mulai dari pukul 19.00 sampai 23.00.

Khusus Tahun Baru, Taman Safari Bogor menawarkan promo khusus seharga Rp100 ribu per orang untuk menikmati kegiatan safari, dua pertunjukan edukasi, dan menikmati 24 wahana permainan.

Tur Museum
Jika Anda ingin liburan yang tak begitu menguras kantong, pergi tur dari museum ke museum bisa menjadi pilihan.

Tur bisa dimulai dari kawasan Kota Tua di Jakarta Barat di mana sejumlah museum berada seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Mandiri, hingga Museum Bahari Jakarta.

Jika ingin menikmati kesenian modern kontemporer, Anda bisa mengunjungi Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang masih ada di kawasan Jakarta Barat.

Selain bisa menjelajahi wisata edukasi, tur dari museum ke museum bisa menjadi ajang berfoto yang menarik.



Baca juga artikel terkait TAHUN BARU 2020 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight