Tahap CPNS Mahkamah Agung 2021 & Kriteria Alasan Sanggah Diterima

Penulis: Yonada Nancy - 30 Des 2021 09:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tahap rekrutmen CPNS Mahkamah Agung (MA) hari ini (30/12/2021) telah memasuki masa jawab sanggah yang akan berlangsung hingga 3 Januari 2022.
tirto.id - Rekrutmen CPNS Mahkamah Agung (MA) tengah memasuki masa jawab sanggah hasil integrasi SKD dan SKB pada Kamis (30/12/2021). Kegiatan tersebut masih akan berlangsung hingga 3 Januari 2022.

Sejak masa pengajuan sanggah ditutup oleh panitia seleksi CPNS MA, kegiatan rekrutmen di instansi tersebut akan berlanjut ke masa jawab sanggah dan pengumuman pasca sanggah.

Pada tahap pengumuman pasca sanggah, hasil akhir yang diumumkan bersifat final akan. Artinya, pengumuman akhir tersebut tidak bisa diganggu gugat ataupun disanggah oleh peserta.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS MA 2021 nantinya akan melanjutkan ke tahap pemberkasan serta pengisian daftar riwayat hidup (DRH). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai syarat utama usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS.

MA merupakan salah satu instansi pemerintahan yang membuka kebutuhan formasi CPNS 2021 dalam jumlah besar. Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Juni, terdapat 3337 formasi yang dibuka oleh MA untuk CPNS 2021.

Total formasi tersebut akan dialokasikan ke empat jenis kebutuhan jabatan, meliputi jabatan analis perkara peradilan atau calon hakim, analis perencanaan evaluasi dan pelaporan, pengelola perkara, dan pengelola barang milik negara.

Tahap CPNS Mahkamah Agung 2021 dan Jadwal Terbaru


Berikut tahap kegiatan CPNS MA 2021 beserta jadwalnya sesuai dengan yang tercantum pada Pengumuman Nomor: 19/Pansel-CPNS/MA/XII/2021 dan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 18256/B-KS.04.01/SD/K/2021.

  • Masa pengajuan sanggah hasil integrasi SKD dan SKB: 25 - 27 Desember 2021
  • Jawab sanggah hasil integrasi SKD dan SKB : 25 Desember 2021 - 3 Januari 2022
  • Pengumuman pasca sanggah : 4 - 6 Januari 2022
  • Penyampaian kelengkapan dokumen dan pengisian DRH: 7 - 21 Januari 2022
  • Usul Penetapan NIP CPNS : 22 Januari - 22 Februari 2022.

Kriteria Sanggah CPNS Mahkamah Agung 2021 Diterima


Masa sanggah merupakan waktu yang dijadwalkan oleh panitia seleksi nasional (panselnas) bagi peserta yang tidak lulus untuk mengajukan sanggah. Sanggah diajukan dengan menyatakan alasan sanggah beserta bukti-bukti pendukung.

Panitia seleksi CPNS MA sebelumnya telah menetapkan dua rekomendasi hasil pengajuan sanggah hasil integrasi SKD dan SKB. Peserta yang mengajukan sanggah, akan menerima hasil sanggah diterima atau ditolak.

Diterima atau tidaknya alasan sanggah hasil integrasi SKD dan SKB dipengaruhi oleh kriteria tertentu. Menurut panitia seleksi CPNS MA, alasan sanggah peserta dapat diterima apabila kesalahan yang memengaruhi hasil seleksi bukan berasal dari peserta. Sebaliknya, jika sanggah ditolak artinya alasan sanggah tidak terbukti.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021 instansi yang menerima alasan sanggah peserta boleh melakukan perubahan pada pengumuman hasil akhir seleksi. Perubahan tersebut harus disertai dengan persetujuan dari ketua panselnas. Sehingga, masih ada kemungkinan bagi peserta memperoleh perubahan status kelulusan ketika mengajukan sanggah.

Cara Cek Hasil Sanggah CPNS Mahkamah Agung 2021


Pengumuman hasil sanggah integrasi SKD dan SKB CPNS MA 2021 akan diumumkan melalui dua platform, yaitu SSCASN dan website resmi MA.

Hasil sanggah setiap peserta akan tercantum di akun SSCASN masing-masing yang bisa diakses melalui link daftar-sscasn.bkn.go.id. Sementara, hasil yang diumumkan di website resmi MA dapat dicek dengan cara berikut:

  • Buka website www.mahkamahagung.go.id/id
  • Klik "Pengumuman" pada tampilan awal
  • Pada kolom search yang berada di kiri atas halaman ketik kata kunci "Sanggah"
  • Pengumuman hasil masa sanggah dan hasil akhir CPNS 2021 akan tampil secara otomatis di halaman pada jadwal yang telah ditentukan.



Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight