Tablet Huawei Terbaru untuk Dukung Belajar di Rumah Harga Sejutaan

Oleh: Ibnu Azis - 17 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Huawei MatePad T8 dapat jadi tablet andalan anak untuk mendukung belajar dari rumah. Harga kurang dari Rp2 juta.
tirto.id - Ketika pembelajaran jarak jauh diberlakukan diperlukan sarana pendukung salah satunya adalah perangkat. Tablet Huawei terbaru mengakomodir kebutuhan itu.

Huawei pada Agustus 2020 lalu mengumumkan kehadiran tablet entry-level bernama MatePad T8 yang didesain untuk mendukung belajar online di rumah.

Huawei menargetkan pengguna anak-anak untuk tablet terbarunya itu. MatePad T8 memiliki layar 8,0 inci resolusi 1.280 x 800 piksel atau FHD+.

Tablet ini berbobot ringan, 310 gram, sementara dimensinya 121,1 x 199,7 x 8,55 milimeter. Bezel Huawei MatePad T8 juga tipis hanya 4,9 milimeter.

Kendati dipasarkan dengan harga sejutaan, Huawei MatePad T8 usung bodi kokoh. Tablet ini dilengkapi dengan penutup belakang dari logam.

Tak sekadar untuk ketahanan, bodi logam juga memberikan perlindungan ekstra serta mempermudah pengguna saat menggenggam dengan satu tangan.


Spesifikasi Huawei MatePad T8

Huawei MatePad T8 menggunakan chipset berkonsep octa-core MediaTek MT8768 yang disandingkan bersama RAM 2GB untuk mendongkrak performanya.

Huawei membekali MatePad T8 dengan penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa diperluas dengan kartu memori hingga 512GB.

MatePad T8 memiliki baterai berkapasitas 5.100mAh yang diklaim Huawei bisa digunakan untuk menjelajah internet selama 12 jam serta memutar video 12 jam.

Huawei MatePad T8 sudah tertanam dengan mode dan aplikasi untuk anak-anak, antara lain Kids Corner, Recorder, Camera, Multimedia, dan Kids Painting.

Kids Corner

Kids Corner adalah antarmuka yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan penyesuaian aplikasi dan game seturut kebutuhan anak.

Kids Corner di Huawei MatePad T8 hadir dengan beberapa fitur baru, yaitu peringatan jarak, unrestricted apps, kustomisasi desktop, manajemen konten, penambahan aplikasi secara otomatis dan pengaturan otomatis.

Fitur peringatan jarak pada Huawei MatePad T8 membantu memandu anak untuk menjaga jarak mata dan layar yang sesuai. Bila terlalu dekat, tablet akan pudar menjadi hitam dan putih kemudian layar akan terkunci.

Fitur aplikasi tanpa batas memungkinkan orang tua menetapkan batas waktu penggunaan untuk aplikasi hiburan, multimedia dan game, sementara aplikasi pendidikan dapat digunakan tanpa batas waktu.

Fitur tersebut membantu anak-anak mencapai keseimbangan yang baik antara bermain game dan belajar.

Kids Corner juga memungkinkan orang tua menyesuaikan beranda sesuai keinginan atau kebutuhan mereka.

Dengan fitur penyesuaian desktop, orang tua dapat mengunci fitur tertentu di dalam Kids Corner dengan kata sandi, mencegah anak-anak mereka dari mengakses konten yang tidak sesuai dengan umur.


Tanpa Dukungan Google

Yang disayangkan dari Huawei MatePad T8 adalah absennya Google Mobile Service yang bikin tablet ini tidak dapat menggunakan layanan Google apa pun.

Akibatnya, di MatePad T8 tidak akan dijumpai Play Store, aplikasi Gmail, YouTube, Drive, dan sejenisnya. Mesi begitu, Huawei sudah siapkan solusinya.

Huawei tanamkan App Galery ke MatePad T8 sebagai pengganti Play Store yang sediakan beragam aplikasi dan game unggulan. Tanpa Gmail pun tak masalah lantaran ada aplikasi Mail.

Bagaimana dengan aplikasi lain yang sering dijumpai di Play Store? Aplikasi-aplikasi itu tersedia di App Galery meski jumlahnya tidak selengkap di Play Store.

MatePad T8 juga punya pencarian Petal Search yang memungkinkan pengguna mencari aplikasi yang belum tersedia di App Galery.

Meski tanpa dukungan Goolge, MatePad T8 masing menggunakan OS Android versi 10 dengan antarmuka EMUI 10 kaya fitur.

Artinya, fitur-fitur unggulan yang tersedia di Android 10 juga bisa dinikmati di MatePad T8, misalnya Dark Mode, navigasi sistem dengan gerakan, hingga Keseimbangan Digital.


Harga Huawei MatePad T8

Huawei MatePad T8 per September 2020 dipasarkan dengan harga Rp1.649.000 untuk versi RAM 2GB + ROM 32GB. Tablet ini bisa dibeli di toko ofisial Huawei di ecommerce.

Toko ofisial itu tersebar di ecommerce populer di Indonesia macam JD.ID, Shopee, Lazada, Blibli.com, Eraspace, hingga Tokopedia.

Belum lama ini Huawei meluncurkan tablet terbaru yaitu MatePad T10s yang usung layar lebih besar dari MatePad T8.

Usung layar 10 inci dan dipasarkan dengan harga Rp2.599.000, Huawei MatePad T10s juga dapat mendukung aktivitas belajar daring tapi fokusnya ke entertainment.

Selain usung layar besar, Huawei MatePad T10s menghadirkan audio simetris dari kedua sisi dengan speaker stereo yang didukung teknologi Harman Kardon.


Baca juga artikel terkait HUAWEI MATEPAD T8 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight