tirto.id - Syarat daftar ulang SNMPTN 2022 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) dapat diunduh di website resmi perguruan tinggi negeri (PTN) yang berlokasi di Serang, Banten, ini. Lantas, apa saja syarat, bagaimana alur, dan kapan jadwal registrasi atau daftar ulang SNMPTN 2022 di UNTIRTA?
Berdirinya UNTIRTA bermula dari Yayasan Pendidikan Tirtayasa yang diresmikan tanggal 1 Oktober 1980 di Serang, Banten, yang kemudian dikukuhkan melalui perubahan akta notaris tertanggal 1 Maret 1986. Sejak tanggal 19 Maret 2001, UNTIRTA ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri dengan mengusung moto “Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan”.
Dalam situs resminya dituliskan bahwa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menawarkan pengalaman akademik dan nonakademik yang luas, mencakup lingkungan, budaya sekaligus juga kesempatan akademik. UNTIRTA memiliki 7 fakultas yang menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana, profesi, serta diploma.
Ke-7 fakultas yang terdapat di UNTIRTA antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, hingga Program Pascasarjana.
Beberapa program studi favorit di UNTIRTA di antaranya adalah Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Sejarah, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan lainnya.
Jadwal Daftar Ulang SNMPTN 2022 di UNTIRTA
Calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN), dapat mencermati jadwal daftar ulang atau registrasi.
Untuk jalur SNMPTN, jadwal registrasi dibuka mulai tanggal 29 Maret hingga 9 April 2022, sedangkan untuk pembayaran uang kuliah tunggal atau UKT pada 12-23 April 2022. Untuk jalur SBMPTN, daftar ulang pada 23-30 Juni 2022 dan UKT pada 4-11 Juli 2022.
Adapun registrasi dari SMMPTN mulai tanggal 18-27 Juli 2022 dan UKT pada 1-8 Agustus 2022. Jika ada perubahan jadwal, pihak UNTIRTA akan menginformasikan perubahan tersebut melalui website resmi kampus atau lewat email masing-masing calon mahasiswa baru.
Alur dan Syarat Registrasi Ulang SNMPTN 2022 di UNTIRTA
Panduan alur dan syarat registrasi daftar ulang SNMPTN, SBMPTN, maupun SMMPTN di UNTIRTA adalah sebagai berikut:
- Mempersiapkan dokumen yang harus diunggah (upload) dalam bentuk PDF atau JPG dengan ukuran file tidak melebihi 250 KB. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan :
- Ijazah bagi lulusan 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi lulusan tahun 2022 yang belum memperoleh Ijazah (asli/dilegalisir).
- Kartu Peserta Tes (asli).
- Akta Kelahiran (asli/dilegalisir).
- Kartu Keluarga (asli/dilegalisir).
- Bukti pembayaran listrik bagi pelanggan pascabayar atau bukti pembelian token listrik bagi pelanggan prabayar (asli).
- Bukti SPT Pajak Penghasilan Tahunan bagi memiliki (asli). Pilih salah satu yang paling sesuai:
Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati bagi yang tidak punya SPPT (unduh, cetak, isi, scan asli).
Bukti pembayaran sewa rumah bagi yang mengontrak/sewa ditambah surat pernyataan tentang luas tanah dan bangunan rumah yang ditempati (unduh, cetak, isi, scan asli).
- Surat Tes Bebas Narkoba terbaru dari Rumah Sakit Pemerintah atau BNN (scan asli dan unggah).
- Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas (scan asli dan unggah).
- Surat Sehat, Buta Warna, dan Narkoba harus yang terbaru atau pemeriksaan mulai tanggal 29 Maret- 08 April 2022.
- Surat Pemeriksaan Buta Warna dari Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas untuk Program Studi berikut (scan dan unggah):
- Bukti Penghasilan Ayah atau diisi dengan penghasilan Wali yang membiayai kuliah dengan ketentuan sebagai berikut:
Wiraswasta/Petani/Pedagang/Buruh/Pekerjaan yang tidak mempunyai Slip Gaji/Tidak Mempunyai Pekerjaan Tetap: Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan dengan mencantumkan NAMA PEKERJAAN dan NOMINAL PENGHASILANNYA. Asli dan Dicap dan Ditandatangani.
Pensiunan PNS: Surat Pensiun / print out Buku Rekening Pensiun (maksimal dua bulan terakhir). (scan asli dan unggah)
Pensiunan Swasta: Surat Keterangan Pensiun dari Kantor. (scan asli dan unggah)
Jika ibu sebagai ibu rumah tangga lampirkan Surat Keterangan dari Kelurahan.
Jika ayah telah meninggal dunia, isi kolom penghasilan dengan angka 0 (nol). Dokumen yang diunggah adalah Surat Kematian dari Kelurahan.
Jika ayah dan ibu tidak punya penghasilan, isi kolom penghasilan dengan Surat Keterangan Penanggung Jawab Biaya.
Kolom penghasilan ayah dan ibu tidak boleh 0 (nol) dua-duanya.
- Foto diri berukuran 4×6 dengan format JPG sesuai dengan ketentuan berikut:
Perempuan: jas hitam/blazer, baju putih, dasi hitam, background merah.
Perempuan berjilbab: jilbab warna putih, background merah, jas hitam/blazer tanpa dasi.
Berkas dan registrasi tambahan bagi pendaftar KIP-Kuliah bisa diakses di sini.
- Menunggu Username dan Password untuk login ke laman https://admisi.untirta.ac.id. yang akan dikirim oleh Panitia Registrasi ke email calon mahasiswa baru.
- Cek juga folder SPAM di email, karena mungkin email masuk ke folder SPAM, atau search email dengan judul “Konfirmasi Pendaftaran”.
- Registrasi Ulang online melakukan pengisian data diri dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta secara online di laman https://admisi.untirta.ac.id.
- Menerima nominal UKT yang bisa dilihat di https://admisi.untirta.ac.id menggunakan akun username dan password masing-masing sesuai jadwal pembayaran.
- Melakukan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Bank BNI seluruh Cabang Indonesia melalui reller atau ATM. Tata cara pembayaran UKT bisa diakses di sini. Ketentuannya adalah sebagai berikut:
Menerima bukti pembayaran dari Bank BNI (Teller atau ATM).
Khusus untuk Program Studi Kedokteran, UKT sebesar Rp15.000.000,00 s.d. Rp22.000.000,00 (UKT Kelompok III s.d. VIII)
- Menerima Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Password SIAKAD akan dikirim melalui email masing-masing setelah Pembayaran terkonfirmasi Lunas.
- NIM dan Password digunakan untuk melakukan proses kontrak matakuliah di laman https://siakad.untirta.ac.id/portal
Pendaftar KIP-K: setelah dinyatakan sebagai penerima KIP-K.
- Selesai, Mahasiswa Baru selanjutnya menghubungi Fakultas dan Program Studi masing masing untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).