Menuju konten utama

Suzuki Akan Hidupkan Kembali GSX1300R Hayabusa

Suzuki kembali akan menghadirkan kembali Hayabusa (GSX1300R), motor yang pernah diproduksi massal pada tahun 90-an. 

Suzuki Akan Hidupkan Kembali GSX1300R Hayabusa
Ilustrasi Suzuki. foto/istockphoto

tirto.id - Suzuki Hayabusa (GSX1300R) yang pernah menyandang predikat sebagai motor produksi massal tercepat pada era 90-an akan coba dihadirkan kembali oleh pabrikan milik Michio Suzuki tersebut.

Suzuki sendiri akan memberikan beberapa upgrade fundamentalis baik dalam jajaran mesin maupun parts dari Hayabusa setelah sebelumnya Hayabusa second generation diluncurkan pada tahun 2008.

Dilansir dari laman Autocarindia, beberapa perubahan akan diberikan sepertiperubahan frame yang dibuat lebih kokoh namun lebih ringan dari generasi kedua, serta diberikan pembaharuan mesin yang diklaim lebih bertenaga dibanding dapur pacu yang saat ini disematkan pada Hayabusa generasi kedua.

Selain itu, pada update mendatang, Hayabusa akan disematkan gearbox DCT (dual clutch) yang lebih advanced dan lebih mantap dibanding versi sebelumnya.

Ini adalah sinyal kuat dari Suzuki untuk mencoba masuk dalam pasar superbike, khususnya untuk menjadi kompetitor dari aktor lama macam Kawasaki ZX-14R.

Suzuki Hayabusa adalah varian kuda besi keluaran 1999 yang sudah malang melintang selama hampir dua dekade sebelum akhirnya sempat diberhentikan distribusinya di benua Eropa akibat tak lolos uji emisi Euro 4 pada awal Januari 2016 lalu.

Hayabusa generasi pertama hadir dengan mesin 1299 cc, memiliki power hingga 173hp dan dengan topspeed hingga mencapai 303 kmpj.

Pada awal perilisannya, tak butuh waktu lama bagi motor tersebut untuk menggeser Honda CBR1100XX Blackbird dari tahtanya sebagai motor tercepat di dunia saat itu. Demikian sebagaimana dilansir dari Autocarindia.

Suzuki Hayabusa sendiri, sesungguhnya lebih tepat disebut hyperbike daripada sekedar superbike. Suzuki Hayabusa memiliki dimensi panjang 2.190 mm, lebar 735 mm, dengan tinggi 1.165 mm.

Dengan dimensi seperti diatas, wajar apabila Suzuki Hayabusa sempat lesu dalam penjualannya di pasar Indonesia, karena tentu dengan dimensi tersebut akan menyulitkan bikers Indonesia yang rata-rata memiliki tinggi dibawah 180 cm.

Hayabusa sendiri memiliki beban kosong 266 kg, dengan tangki bensin yang dapat diisi hingga volume 21 liter. Selain itu, Hayabusa memiliki clearance ground 120 mm dan jarak poros roda mencapai 1.480 mm.

Hayabusa memiliki dapur pacu yang fantastis di kelasnya, dengan mesin 4 silinder dan 4 katup DOHC dan mesin bervolume 1.340 cc.

Hayabusa juga dibekali dengan sistem pendingin liquid cooler dan memiliki 6 gigi kecepatan, dengan compression rate mencapai 12.5:1.

Meski hingga saat ini belum ada tanggal resmi mengenai peluncuran Hayabusa third generation, menarik untuk melihat bagaimana performa dan kiprah Hayabusa dalam meramaikan pasar superbike baik di Indonesia maupun di manca negara.

Baca juga artikel terkait SUZUKI atau tulisan lainnya dari Wisnu Amri Hidayat

tirto.id - Otomotif
Kontributor: Wisnu Prasetya Utomo
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yandri Daniel Damaledo