Susi Ungkap Penyelundupan Bibit Lobster Seharga Harley Davidson

Oleh: Hendra Friana - 15 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Susi Pudjiastuti berkicau soal penyelundupan bibit lobster yang menguntungkan eksportir miliarn rupiah lewat akun twitter pribadinya.
tirto.id - Mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkicau soal penyelundupan bibit lobster di akun Twitter pribadinya.

Kicauan tersebut pertama kali disampaikan menanggapi temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal bisnis gelap penyelundupan benur (bibit) lobster yang teridentifikasi menguntungkan para eksportir hingga Rp900 miliar.

Dalam cuitannya pada tadi malam, Sabtu (14/12/2019), Susi menyebut bahwa bibit lobster bisa seharga motor Harley Davidon. Sayang, penyelundupan tersebut jarang diketahui oleh publik.

"1 backpack bibit lobster +_ min 8000ekor Rpnya sama dg 2 harley= 60 Brompton, kalau bibit ini tidak diambil, di laut & jadi besar nilai jd min. 20 harley = 600 brompton, tidak usah kasih makan, Tuhan yg memelihara, manusia bersabar,menjaga pengambilannya.Tuhan lipatkan gandakan," tulisnya lewat akun @susipudjiastuti.

Dalam cuitan selanjutnya, Susi mengomentari berita cnbcindonesia.com soal dukungan Menko kelautan dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan terhadap ekspor bibit lobster yang dilakukan Edhy Prabowo.

Susi mempertanyakan kembali keseriusan rencana tersebut sebab, menurutnya, ekspor bibit lobster hanya akan memberikan margin yang lebih menguntungkan bagi vietnam.

"Lobster Mutiara, berat kira2..1,2kg sd 1,4 kg Harga per kg nya saat ini min Rp 5 jt. Bibitnya diambil dr Laut diekspor ke Vietnam per ekor cuma Rp 139.000. Bener kita harus ekspor bibitnya??Apa tidak lebih baik tunggu besar&jual dg harga lebih dr 30Xnya ???: tulisnya

Bahkan ia menyebut bahwa harga penyelundupan sekoper bibit lobster bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk bibit lobster dari Jambi, misalnya, bisa dilego seharga Rp85 juta per koper, sementara dari Jakarta Rp115juta per koper dan Surabaya Rp100 juta per koper.

Dalam satu koper itu, kata dia, terdapat kurang lebih tiga puluh ribu bibit lobster yang diselundupkan.
WA masuk: Slmt mlm mlm Bu, semoga sehat sukses selalu. Update ongkos pemilik bagasi atau koperman penyelundupan Baby Lobster Rate: Jambi @ 85 juta rupiah per koper Jakarta @ 115 juta rupiah per koper Surabaya @ 100 juta rupiah per koper Per koper / 30 ribu ekor baby lobster

Memang kebijakan yang diambil Edhy bisa saja menyenangkan bagi beberapa nelayan bibit lobster. Di sisi lain, kata Susi, ikan dan lobster di laut dapat mati jika tidak dimanfaatkan atau dijual. Namun, justru di sini lah peran kementerian dan masyarakat untuk membuat bibit lobster dan ikan di laut berkembang biak dan menciptakan nilai tambah.


Baca juga artikel terkait PENYELUNDUPAN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Rio Apinino
DarkLight