Super Air Jet, Maskapai LCC Baru di Indonesia Berkonsep Milenial

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 4 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Super Air Jet adalah maskapai baru berbiaya rendah di Indonesia yang menyasar anak muda atau milenial.
tirto.id - Industri penerbangan di Indonesia akan memiliki satu pemain baru, yaitu Super Air Jet, maskapai swasta kategori layanan pengangkutan penumpang berjadwal harian.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari mengatakan, maskapai ini merupakan perusahaan yang sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal orang lokal.

"Saat ini Super Air Jet tengah mempersiapkan fase bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam rangka mempersiapkan penerbangan perdana, yang dijadwalkan dalam waktu dekat," kata Ari dalam keterangan tertulis, Senin (3/5/2021).

Lalu, Seperti Apa Super Air Jet?

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021 dan telah memiliki kode penerbangan “IU” dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan “SJV” dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak penumpang bisa bepergian menggunakan pesawat udara untuk tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit.

Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep Low Cost Carier (LCC) atau berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional.

Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus 320- 200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi, yang nyaman di kelasnya, tempat duduk ergonomis.

Dari faktor demografis, Super Air Jet akan berada pada kalangan muda (millenials). Generasi milenial telah menjadi fokus utama perusahaan guna mengakomodir segmen perjalanan udara mengalami pertumbuhan paling cepat diberbagai negara, termasuk di Indonesia.

Super Air Jet telah melihat peluang di era kekinian saat ini hingga mendatang, menegaskan bahwa loyalitas generasi lebih muda hanya akan didapatkan melalui pengalaman (experience).

1. Kecenderungan dan pertimbangan dari perkembangan teknologi yang pesat, dengan demikian anak-anak muda lebih mementingkan pengalaman langsung.

2. Berkeinginan untuk mengunjungi langsung ke kota-kota yang menawarkan pengalaman tersendiri.

3. Tertarik untuk menggali berbagai atraksi atau mengeksplor keindahan suatu tempat, khususnya objek wisata dan sangat berkesan pada hal unik.

4. Anak-anak muda mayoritas telah memiliki penghasilan sendiri dan dapat mengelola keuangannya, sehingga mampu menyisihkan banyak bujet (anggaran) untuk perjalanan.

5. Setiap pilihan untuk terbang pasti sudah dipertimbangkan. Oleh karena itu, Super Air Jet akan menjadi rekomendasi bagi wisatawan dan pebisnis generasi muda.


Baca juga artikel terkait MASKAPAI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight