Pandemi COVID-19

Suami Istri di Sleman DIY Meninggal pada Hari yang Sama Saat Isoman

Oleh: Irwan Syambudi - 12 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pasangan suami istri di Sleman, DI Yogyakarta meninggal di hari yang sama saat isolasi mandiri karena positif COVID-19.
tirto.id - Pada Minggu (11/7/2021) pasangan suami istri di Dusun Karang Tengah III, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, DI Yogyakarta meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah dinyatakan positif COVID-19

"Istrinya meninggal sekitar jam 09.00 WIB, lalu suaminya meninggal sekitar jam 15.00 WIB," kata Kepala Dukuh Karang Tengah III Surahmin kepada reporter Tirto, melalui sambungan telepon, Senin (12/7/2021).

Sang suami berinisial KL meninggal saat hendak dibawa ke rumah sakit, sementara istrinya berinisial KR terlebih dahulu meninggal di rumah. Keduanya berusia sekitar 56 tahun dan dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen pada 6 Juli 2021.

Surahmin bilang setelah keduanya dinyatakan positif COVID-19, ia langsung melapor ke Puskesmas. Keduanya yang punya penyakit penyerta diabetes dan jantung telah dipantau oleh pihak puskesmas, kata Surahmin.

Pada Minggu kemarin pihak desa berencana memberikan bantuan atau jaminan hidup untuk keduanya selama isoman. Namun saat hendak diberikan, KL ditemukan tergelak, tapi masih bernafas. Sementara sang istri badanya sudah kaku dan meninggal dunia.

"Sebenarnya dipantau oleh puskesmas. Tapi mungkin karena kondisi keduanya memburuk jadi tidak sempat memberikan kabar," katanya.

Surahmin bilang dua hari sebelumnya mereka kondisinya memang sempat memburuk sehingga harus diberikan bantuan oksigen. Namun keduanya atau pun keluarga tak memberikan informasi mengenai kondisi kedua pasien yang memburuk.

Pasangan suami istri tersebut sebetulnya tinggal bersebelahan dengan kerabat yang lain. Termasuk keponakannya tinggal di sebelah rumah yang juga positif COVID-19.



Baca juga artikel terkait COVID-19 INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Abdul Aziz
DarkLight