Staycation, Alternatif Liburan Praktis yang Makin Diminati Warga

Oleh: Yonada Nancy - 2 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Staycation (liburan yang diambil di rumah atau di dekat rumah), adalah jenis liburan yang makin disukai masyarakat saat ini.
tirto.id - Bagi orang-orang yang waktu liburannya terbatas, bepergian ke tempat yang jauh justru menghabiskan waktu untuk beristirahat.

Namun, kebutuhan untuk rekreasi selalu dibutuhkan bahkan untuk orang yang sibuk sekalipun. Karena inilah masyarakat milenial mulai meminati sebuah konsep liburan yang disebut staycation.

Staycation diambil dari kata stay yang artinya menetap dan vacation yang berarti liburan, di mana memiliki arti liburan yang diambil di rumah atau di dekat rumah daripada melakukan perjalanan di tempat lain.

Konsep dari staycation sendiri adalah liburan ke tempat-tempat yang ada di dekat rumah atau di dalam kota ketimbang melakukan perjalanan ke luar kota atau di luar negeri. Inilah kenapa staycation dianggap lebih praktis dibanding liburan menginap.

“Tidak semua orang punya waktu atau sarana untuk mengambil liburan yang jauh dari rumah. Pada kenyataannya menghilangkan stres dapat teratasi dengan melakukan staycation, jika Anda mengatur ulang pola pikir dan harapan Anda” kata psikolog sekaligus konselor, Lauren Millman seperti yang dikutip dari Global News.

Orang-orang yang memilih staycation tidak perlu menghadapi berbagai persiapan liburan seperti mengemas pakaian, menyiapkan paspor, menyewa kamar, dan sebagainya.

Alih-alih menghabiskan waktu dan energi selama liburan, melakukan staycation dianggap dapat memberi waktu istirahat berkualitas tinggi.

Di samping menghemat waktu, staycation juga dinilai bisa menghemat biaya. Berlibur di luar kota atau luar negeri tentunya membutuhkan biaya akomodasi dan transportasi yang lebih mahal daripada berwisata di kota sendiri.

Bagi sebagian orang, tinggal di rumah bukanlah bentuk untuk menghabiskan liburan. Inilah yang membedakan staycation dengan “duduk diam dan menghabiskan waktu di rumah.” Staycation akan berhasil jika orang melakukan kegiatan di luar kebiasaan sehari-harinya.

Dikutip dari Forbes, trik untuk menikmati staycation adalah melakukan hal yang menyimpang dari rutinitas harian dan benar-benar berlibur, seperti tidak mencuci baju atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Pergi ke museum lokal, menonton konser, bersepeda di taman kota serta mencoba makanan di restoran atau kafe yang belum pernah dikunjungi adalah beberapa cara untuk melakukan staycation.

Jika memiliki rencana staycation di rumah karena cuaca buruk, pastikan membeli banyak kudapan enak di rumah sebagai “buffet” sendiri.

Selain itu, Staycation juga bisa dilakukan dengan membeli paket di website streaming untuk menonton berbagai film yang sempat terlewatkan. Jangan pikirkan soal pekerjaan apapun, karena ini liburan dan setiap orang berhak mendapatkannya.


Baca juga artikel terkait STAYCATION atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight