Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Mi 9 Terungkap Jelang Dirilis

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 19 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Xiaomi kembali mengungkap informasi calon flagship barunya, Mi 9, kali ini soal spesifikasi dan fitur yang diusung.
tirto.id - Sehari sebelum peluncuran Mi 9, Xiaomi kembali mengungkap flagship andalannya ini. Sebelumnya, CEO Xiaomi Lei Jun telah memublikasikan wujudnya, kini, fitur dan spesifikasi Mi 9 dipamerkan.

Melalui Twitter, akun @xiaomi di linimasa sejak Senin (17/2/2019) mengunggah satu demi satu sektor yang ditonjolkan Mi 9. Dari rangkaian twit itu, Xiaomi menjanjikan bahwa flagship barunya ini membawa peningkatan signifikan untuk spesifikasi dan fitur dari pendahulunya.

Berdasarkan teaser yang diunggah, Mi 9 hadir dalam tiga varian warna dengan gradasi, yakni Lavender Violet, Ocean Blue, dan Piano Black. Sementara pada bagian layarnya dilengkapi "poni" minimalis serupa Mi Play.


Mi 9 ini diprediksi megandalkan layar berukuran 6,4 inci resolusi FHD+ tipe Super AMOLED yang didukung fitur Reading Mode 2.0 dan Sunlight Mode 2.0. Ponsel ini diharapkan sudah menjalankan OS Android 9 Pie dengan antarmuka MIUI 10 kaya fitur.

Karena Xiaomi Mi 9 merupakan flagship penerus Mi 8, dipastikan menawarkan performa yang lebih tinggi dan diprediksi bertenaga chipset Qualcomm Snapdragon 855 berkonsep octa-core dengan RAM 6GB atau 8GB.

Sektor fotografi, Mi 9 lebih superior dari pendahulunya berkat dukungan tiga kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel yang didukung fitur laser autofokus, PDAF, OIS, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan 16MP didukung lensa ultra-wide yang menawarkan field of view (FoV) 117 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 12 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor sekaligus telephoto untuk menghadirkan kemampuan 2x optical zoom.

Adapun kamera depan Xiaomi Mi 9 cukup mumpuni untuk foto selfie lantaran diperkirakan mengandalkan resolusi 20 megapiksel yang dilengkapi teknologi pixel binning untuk aktivitas swafoto dalam kondisi low-light.

Xiaomi juga menyebutkan bahwa Mi 9 bakal dilengkapi speaker berukuran 0,9cc untuk kualitas suara yang menggelegar dan fitur Gaming Turbo. Belum ada informasi berapa kapasitas baterainya, tetapi dipastikan didukung fitur fast charging dengan daya 20W.

Adapun Xiaomi Mi 9 rencananya akan diluncurkan di Cina pada 20 Februari 2019.

Pada tanggal yang sama, Samsung akan meluncurkan flagship barunya, Galaxy S10. Bahkan, kabar terakhir, smartphone layar lipat pertamanya, Galaxy Fold juga akan dirilis di hari yang sama.


Baca juga artikel terkait XIAOMI MI 9 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight