Song Kang Ho "Parasite" Aktor Asia Pertama Dapat Award di Locarno

Oleh: Maria Ulfa - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Song Kang Ho "Parasite" menerima penghargaan Excellence Award dalam ajang Locarno International Film Festival.
tirto.id - Aktor asal Korea Selatan, Song Kang Ho menerima penghargaan Excellence Award dalam ajang Locarno International Film Festival yang dihelat di Palexpo, Locarno, Swiss pada Senin (12/8/2019) waktu setempat.

Song Kang Ho menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan kategori tersebut berkat aktingnya dalam film blockbuster, Parasite.

Acara penghargaan tersebut dimulai dengan video pengantar selama 3 menit yang berisi cuplikan karya Song Kang Ho. Setelah itu sang aktor muncul dan mengobrol singkat dengan direktur artistik Locarno International Film Festival, Lili Hinstin.

"Saya sangat senang dan merasa terhormat untuk menerima penghargaan yang agung dan bermakna ini di Locarno yang bersejarah dan indah. Saya sangat senang karena ini adalah tempat di mana banyak aktor terbaik dunia yang saya hormati telah menginjakkan kakinya di sini,’” ujar Song Kang Ho saat ia menerima penghargaan Excellence Award, seperti dikutip Soompi.

“Saya berharap momen spesial ini akan menghibur, mendorong, dan menyentuh banyak artis di seluruh dunia yang sedang terbakar semangat dan sedang mengalami kesulitan untuk mengambil jalan ini,” katanya, menambahkan.

Sementara, sutradara Parasite, Bong Joon Ho juga hadir dalam acara penghargaan tersebut. Song Kang Ho memang telah terlibat dengan sejumlah film garapan Bong Joon Ho, di antaranya adalah Memories of Murder (2003), The Host (2006) dan Snowpiercer (2012).

“Saya mempersembahkan penghargaan ini untuk sutradara hebat Korea Selatan, Bong Joon Ho yang juga selamanya menjadi teman dan sahabat saya,” ujar Song Kang Ho lagi, seperti dilansir Osen.

Saat itu, Bong Joon Ho menerima mik dan menjawab," Saya tidak akan bisa menyelesaikan empat film yang saya kerjakan dengan Song Kang Ho kalau bukan karena dirinya, jadi saya sangat berterima kasih. Saya benar-benar mengucapkan selamat kepada anda karena menerima penghargaan ini."

Parasite merupakan film persilangan antara komedi dan thriller dengan membahas pembagian kelas ekonomi yang mencolok antara dua keluarga dengan cara yang gelap tetapi lucu.

Film ini mengisahkan tentang interaksi tak terduga antara dua keluarga, yakni keluarga Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarga Tuan Park (Lee Sun Gyun). Film ini disutradarai sekaligus ditulis Bong Joon Ho.

Per 1 Juli 2019, Parasite resmi mengukuhkan diri sebagai film Korea terlaris sepanjang masa di Vietnam, mengalahkan film Train to Busan yang tayang pada 2016 lalu.

“Film komik satire arahan Bong Joon Ho mencapai 1,95 juta dolar AS dalam penjualan tiket per 1 Juli dalam 11 hari pemutaran pertama,” ujar perwakilan CJ Entertainment, seperti dilansir Yonhap News Agency.

Tidak hanya itu, per 14 Juli 2019, Parasite juga berhasil menjadi film Korea terlaris sepanjang masa di Indonesia dengan jumlah penayangan lebih dari 380 ribu penonton.


Baca juga artikel terkait PENGHARGAAN FILM atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Maria Ulfa
DarkLight