Film Cannes "Parasite" Capai 10 Juta Penonton di Korea Selatan

Oleh: Maria Ulfa - 22 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Di antara semua film Korea yang menerima penghargaan dalam Festival Film Cannes, Parasite adalah film Korea pertama yang meraih 10 juta penonton.
tirto.id - Film Korea peraih penghargaan Palme d’Or dalam ajang Festival Film Cannes ke-72, Parasite berhasil menarik 10 juta penonton di Korea Selatan.

Menurut Korean Film Council, film komedi thriller arahan Bong Joon Ho ini menarik total 10.000.249 penonton per Minggu (21/7/2019), yakni 53 hari sejak tayang pada 30 Mei 2019, demikian seperti dilansir The Korea Times.

Parasite menjadi film ke-26 yang mencapai 10 juta penonton dalam penjualan tiket di Korea Selatan. Selain Parasite, tahun ini, sudah ada 4 film yang tayang di Korea Selatan dan berhasil meraih 10 juta penonton, yakni Extreme Job, Avengers: End Game dan Aladdin.

Parasite juga menjadi film kedua Bong Joon Ho yang berhasil meraih 10 juta penonton, setelah film The Host yang tayang pada 2006 lalu.

Menurut Soompi, di antara semua film Korea yang menerima penghargaan dalam Festival Film Cannes, Parasite adalah film Korea pertama yang meraih 10 juta penonton.


Pada 1 Juli 2019, Parasite resmi mengukuhkan diri sebagai film Korea terlaris sepanjang masa di Vietnam, mengalahkan film Train to Busan yang tayang pada 2016 lalu.

“Film komik satire arahan Bong Joon Ho mencapai 1,95 juta dolar AS dalam penjualan tiket per 1 Juli dalam 11 hari pemutaran pertama,” ujar perwakilan CJ Entertainment, seperti dilansir Yonhap News Agency.

Tidak hanya itu, per 14 Juli 2019, Parasite juga berhasil menjadi film Korea terlaris sepanjang masa di Indoensia dengan jumlah penayangan lebih dari 380 ribu penonton, demikian seperti dikutip CGV.

Parasite merupakan film persilangan antara komedi dan thriller dengan membahas pembagian kelas ekonomi yang mencolok antara dua keluarga dengan cara yang gelap tetapi lucu.

Film ini mengisahkan tentang interaksi tak terduga antara dua keluarga, yakni keluarga Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarga Tuan Park (Lee Sun Gyun).

Film ini disutradarai sekaligus ditulis oleh Bong Joon Ho. Parasite menjadi film kedua Bong Joon Ho yang masuk nominasi Festival Film Cannes setelah Okja (2017).

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM PARASITE atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight