Sohibul Iman: Koalisi PKS-PAN-Gerindra Batu Loncatan untuk 2019

Oleh: Addi M Idhom - 25 Desember 2017
PKS berharap koalisinya dengan PAN dan Gerindra dalam lima pilkada tingkat provinsi di tahun 2018 berlanjut pada Pemilu dan Pilpres 2019.
tirto.id - Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyatakan koalisi yang dijalin oleh partainya bersama PAN dan Gerindra pada Pilkada 2018 akan terus berlanjut hingga Pemilu dan Pilpres 2019.

"Mungkin saja kerja sama sampai 2019, tergantung konstelasi politik," kata Sohibul dalam siaran persnya, pada Senin (25/12/2017).

Menurut Sohibul, kerja sama tiga partai itu di Pilkada 2018 merupakan langkah awal menuju koalisi di Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019.

"Pilkada 2018 adalah `stepping stone` (batu loncatan) kepada pemilu 2019, mudah-mudahan (kerja sama tiga partai) bisa terpelihara sampai 2019, kami harapkan," kata Sohibul.

Pada Minggu kemarin, ketiga partai itu bersepakat untuk berkoalisi pada pilkada di lima provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara.

Kesepakatan itu muncul Dalam rapat pimpinan tiga partai di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu malam, (24/12/2017). Pertemuan itu dihadiri Sohibul Iman, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.


Ketua Bidang Humas DPP PKS Ledia Hanifa Amaliah mengatakan kerja sama ketiga partai dilandasi kesamaan visi dan saling pengertian yang selama ini terjalin. Dia menambahkan, walaupun sudah sepakat menjalin koalisi di lima provinsi, nama-nama definitif masing-masing bakal calon baru belum diputuskan dalam pertemuan itu.

Menurut dia, pertemuan itu juga menyepakati, bahwa ketiga partai tersebut tidak bisa berkoalisi di semua Pilkada pada 2018. Karena itu, pertemuan tersebut memutuskan koalisi ketiga partai hanya dibentuk untuk lima Pilgub.

"Kalau untuk nama-nama (bakal calon) akan dibahas di majelis tinggi masing-masing partai. PKS sendiri akan mengumumkan nama bakal calon gubernur dan wakilnya yang akan diusung, termasuk untuk Jawa Barat," kata Ledia. "Finalnya akan diumumkan pada Rabu nanti (27/12/2017)."


Baca juga artikel terkait PILKADA 2018 atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Sumber: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom