Soal Tiket Raib, Air Asia Ingin Persaingan Bisnis Maskapai Sehat

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 22 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Air Asia merasa dirugikan dengan hilangnya tiket di aplikasi agen tiket online. Mereka berharap persaingan usaha berjalan sehat.
tirto.id -
Air Asia angkat bicara terkait masalah raibnya tiket di online travel agent (OTA). Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group Dendy Kurniawan menyatakan dengan kejadian ini mereka berharap persaingan antar perusahaan maskapai memiliki skema yang sehat.

"Kami berharap industri ini tumbuh dengan sehat lah ya. Di mana semua pemain saling memberikan sinergi untuk benefit semuanya-lah," jelas Dendy di Menteng Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).

Tiket Air Asia hilang dari aplikasi online travel agent (OTA) di Tiket.com pada pekan lalu. Hal ini membuat sejumlah konsumen Air Asia mengeluhkan sulitnya mencari tiket penerbangan murah (LCC). Namun saat ini tiket Air Asia sudah bisa dipesan kembali.

Dari kejadian ini, Dendy menyatakan jangan sampai ada pihak yang dirugikan. Apalagi setelah kejadian hilangnya tiket Air Asia dari website Tiket.com karena ada masalah di sistem information technology (IT).

"Jangan sampai ada yang membuat salah satu merasa dirugikan. Kita terus berkomunikasi dengan mereka apa yang bisa kita perbaiki dari relationship ini sehingga bisa saling menguntungkan," papar dia.

Ia merasa heran saat tiket AirAsia hilang dari Tiket.com selama satu minggu. Kalau memang ada permasalahan di sistem IT, seharusnya pihak Tiket.com memberikan informasi pada pihak Air Asia.

"Memang inventori kita yang secara tiba-tiba hilang. Normalnya kalau emang technical komunikasi kan rutin antara IT sama IT. Harusnya mereka info ke kita-lah kalo memang ada problem," jelas dia.

Menurut dia, hilangnya tiket di online travel agent terjadi saat pengecekan di website resmi Air Asia. Saat itu masih terdapat penjualan tiket. Namun, jika di website yang di-publish untuk pembeli tiket maskapai Air Asia di agen tiket online tiket itu tidak ditemukan pengguna.

"Kita kan selalu ngecek harga-harga kita baik yang di web kita sendiri maupun di online travel agent. Waktu itu mendadak kok engga ada. Kita cek di inventori kita ada kok di tempat mereka engga ada. Saya minta staf buat cek dan ternyata juga tidak ada. Nah kami sendiri masih menunggu statement resmi dari mereka," papar dia.

Baca juga artikel terkait TIKET PESAWAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Agung DH
DarkLight