Soal Rencana Prabowo Salat di Semarang, Bawaslu: Kami akan Pantau

Oleh: Bayu Septianto - 14 Februari 2019
Pamflet berisi ajakan “Salat Jumat Bersama Prabowo” di Masjid Agung Semarang beredar di media sosial.
tirto.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mengaku akan memantau Capres nomor 02 Prabowo terkait rencananya melakukan salat Jumat di Masjid Agung Semarang alias Masjid Kauman pada besok (15/2/2019).

Ketua Bawaslu Semarang, Muhammad Amin mengatakan, meskipun rencana Prabowo tersebut bukan bagian dari kampanye, tetapi Bawaslu tetap akan memantau manakala terjadi pelanggaran kampanye.

"Kami bukan mengawasi tapi memantau karena sifatnya itu kan enggak kampanye," ujar Amin kepada reporter Tirto, Kamis (14/2/2019).

Guna mencegah adanya kampanye, Bawaslu Semarang telah mengingatkan sejak awal kepada tim panitia kampanye Prabowo agar tak menggunakan tempat ibadah untuk berkampanye.

Selain itu, komunikasi terus dilakukan dengan tim kampanye Prabowo untuk mencegah terjadinya pelanggaran kampanye.

"Sebetulnya kami sudah mengingatkan atau mengimbau agar itu adalah tempat ibadah tidak ada atribut, atau bahan kampanye lain," tuturnya.

Pamflet berisi ajakan “Salat Jumat Bersama Prabowo” di Masjid Agung Semarang, Jawa Tengah pada 15 Februari 2019, beredar di media sosial. Takmir Masjid Agung Semarang khawatir peredaran pamflet itu memicu kegiatan politik di tempat ibadah.

Ketua Masjid Agung Semarang alias Masjid Kauman, KH Hanief Ismail mengaku khawatir kegiatan tersebut bisa menimbulkan perbuatan mempolitisir ibadah salat Jumat sekaligus memakai masjid untuk kepentingan politik.

“Kami para nadlir atau takmir Masjid Kauman merasa keberatan dengan rencana Jumatan Prabowo tersebut. Tolong sampaikan ke Bawaslu agar mengambil tindakan yang perlu sesuai aturan hukum," tutur Kiai Hanief yang juga Rais Syuriyah PCNU Kota Semarang.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto