tirto.id - Kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK Pengadministrasian Perkantoran dapat menjadi bahan pembelajaran bagi peserta agar memiliki potensi lolos lebih besar.
Tes kompetensi merupakan salah satu tes vital dalam seleksi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024.
Pemerintah telah mengumumkan bahwa tes kompetensi PPPK 2024 ini akan terbagi ke dalam dua periode.
Pelaksanaan tes kompetensi PPPK Periode 1 dijadwalkan dilaksanakan pada 2-19 Desember 2024.
Sedangkan untuk tes kompetensi Periode 2 dijadwalkan digelar mulai 17 April hingga 16 Mei tahun 2025.
Perlu diketahui, pembagian tes ini didasarkan pada rekrutmen Periode 1 dikhususkan bagi pelamar prioritas, eks tenaga honorer kategori II, dan tenaga non ASN terdata BKN.
Sementara tes gelombang 2 ditujukan bagi Tenaga non ASN yang aktif bekerja di Instansi pemerintah serta lulusan PPG untuk formasi Guru di Instansi Daerah.
Di samping itu, sebelum melaksanakan tes ini, para peserta diimbau agar mempersiapkan diri terlebih dahulu agar berpotensi mendapatkan hasil yang maksimal.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mematangkan persiapan ini yakni dengan memperbanyak latihan soal.
Agar dapat menjadi bahan pembelajaran, berikut kumpulan contoh soal PPPK Pengadministrasian Perkantoran lengkap dengan jawabannya.
Kumpulan Contoh Soal PPPK Pengadministrasian Perkantoran dan Jawabannya
1. Bagaimana Anda membagi tugas kepada rekan dan bawahan Anda?
A. Saya membaginya sesuai dengan kepribadian dan sifat
B. Saya membaginya sesuai dengan minat dan keinginan
C. Saya membaginya sesuai dengan keahlian dan keterampilan
D. Saya membaginya sesuai dengan minat dan kemampuan
E. Saya membaginya sesuai dengan bakat
Jawaban: C
2. Apakah Anda membuat daftar harian urgensi dan prioritas dan pekerjaan?
A. Saya mencatat untuk pertimbangan, sasaran dan deadline
B. Saya jarang mencatat tetapi terekam selalu dalam pikiran saya
C. Saya tidak membutuhkan daftar harian dan melakukan sesuai dengan yang terdekat dan terpenting
D. Saya selalu mencatat untuk pertimbangan mengambil keputusan
E. Saya kadang mencatatnya kadang tidak.
Jawaban: A
3. Apakah Anda sebagai seorang pemimpin mendelegasikan tugas kepada staf Anda?
A. Saya mendelegasikan semua tugas kepada semua staf dan saya sebagai pengontrol dan pengawas
B. Saya mendelegasikan sebagian tugas kepada staf dan sebagian kepada saya
C. Saya mendelegasikan tugas biasa kepada staf dan tugas penting untuk saya
D. Saya mendelegasikan sebagian kecil tugas kepada staf
E. Saya mendelegasikan sebagian besar tugas kepada staf
Jawaban: A
4. Seberapa seringkah Anda berusaha dengan aktif untuk mencegah gangguan (tamu, rapat, telepon) yang biasanya selalu mengacaukan hari kerja Anda?
A. Saya tidak merasa terganggu dengan itu
B. Saya selalu menyortir seberapa penting hal tersebut terlebih dahulu
C. Saya selalu menolak dan menjauhi hal tersebut agar pekerjaan selesai dengan baik
D. Tergantung situasi apakah dipenuhi atau tidak
E. Saya merasa terganggu dengan hal itu
Jawaban: B
5. Seberapa sering gagasan Anda diterima dan dijalankan dengan baik oleh tim atau rekan kerja?
A. Selalu, gagasan saya cemerlang dan selalu diterima
B. Kadang- kadang, jika ide baik itu muncul
C. Sering, kebanyakan gagasan saya unik sehingga dapat diterima
D. Saya jarang mengemukakan ide
E. Kadang- kadang ide diterima
Jawaban: A
6. Seberapa pentingkah kekompakan tim bagi Anda?
A. Tidak terlalu penting karena yang terpenting adalah target tercapai
B. Penting tapi bukan yang utama
C. Biasa saja karena kita di dunia profesional tidak begitu perlu kedekatan
D. Cukup penting karena merupakan dorongan untuk mencapai tujuan
E. Penting tapi yang utama adalah target
Jawaban: E
7. Bagaimana pendapat Anda tentang masalah yang sedang dihadap tim?
A. Saya menganggap masalah tim adalah masalah saya juga sehingga saya akan menyelesaikannya
B. Ketua tim adalah penanggungjawab terbesar masalah tersebut
C. Masalah tim adalah masalah bersama yang harus diselesaikan oleh tim
D. Tim yang membuat masalah itu adalah penanggungjawab terbesar
E. Masalah tim adalah masalah bersama yang harus diselesaikan oleh ketua tim
Jawaban: C
8. Bagaimana Anda merespon target pencapaian rekan kerja Anda?
A. Saya mudah melakukan apresiasi positif terhadap rekan kerja
B. Saya akan memberikan apresiasi positif kepada rekan kerja yang memang progresnya luar biasa
C. Saya akan memberikan apresiasi sekedarnya, jika baik saya katakan baik dan jika tidak saya katakan tidak
D. Saya jarang memberikan apresiasi kepada rekan kerja kecuali memang luar biasa
E. Saya akan memberikan apresiasi kepada rekan kerja
Jawaban: A
9. Apakah Anda merasa sulit meminta tolong pada seorang teman untuk melakukan sesuatu untuk Anda?
A. Merasa sulit karena tidak ingin memberatkan orang lain atas tugas saya
B. Jika dalam kondisi benar- benar mendesak maka saya akan meminta tolong pada orang lain
C. Tergantung situasi dan urgensi terkadang saya minta tolong, terkadang tidak.
D. Jarang meminta tolong karena tugas tersebut sudah menjadi tanggungjawab saya butuhkan
E. Selalu meminta tolong meskipun tugas tersebut sudah menjadi tanggungjawab saya
Jawaban: B
10. Bagaimana pendapat Anda tentang pencapaian target tim Anda dan individu?
A. Target individu tercapai, maka target tim akan tercapai
B. Target tim utama, meskipun target individu tidak tercapai
C. Sebisa mungkin kedua target tercapai meskipun tidak bisa mencapai 100%
D. Mencapai target tim dulu lalu menyelesaikan target individu
E. Hanya mendahulukan target tim, jika waktu cukup baru mengerjakan target individu
Jawaban: A
11. Apakah Anda bersikeras agar orang lain melakukan pembagian tugas secara adil?
A. Jelas, karena keadilan adalah utama dan mutlak
B. Tergantung hal tersebut dapat ditoleransi atau tidak?
C. Tidak masalah jika kedua pihak puas walaupun bukan dalam posisi adil
D. Tidak masalah walaupun tidak adil, proporsinya cukup dan dapat berjalan dengan baik
E. Jelas, karena keadilan adalah yang utama
Jawaban: A
12. Apa yang Anda lakukan dalam sebuah diskusi dengan sekelompok kecil teman-teman Anda sekantor?
A. Saya selalu aktif berpendapat dan mengarahkan teman- teman untuk aktif juga
B. Jika perlu bicara maka saya ungkapkan, jika tidak maka saya cukup mendengar
C. Saya menjadi pengamat sejenak kemudian aktif berpendapat
D. Saya lebih banyak diam dan berbicara sekedarnya
E. Saya aktif berpendapat dan mengarahkan teman- teman untuk mengikuti pendapat saya
Jawaban: A
13. Apakah Anda menunjukkan inisiatif dan berusaha untuk mengejar prestasi kerja?
A. Saya selalu menunjukkan inisiatif dalam bekerja
B. Terkadang jika saya terpikirkan ide maka saya akan berinisiatif melakukan sesuatu
C. Tergantung keadaan dan kondisi saya
D. Saya tidak pernah berinisiatif tetapi selalu mengerjakan tugas dengan baik
E. Saya kadang berinisiatif jika diperlukan
Jawaban: A
14. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan saya:
A. Tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak
B. Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan
C. Mendorong orang lain bekerja dengan baik jika diperlukan
D. Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
E. Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik
Jawaban: D
15. Dengan dana terbatas anda diminta oleh atasan untuk mengadakan kegiatan di kantor. Beberapa pendahulu anda tidak terlalu sukses melaksanakan kegiatan tersebut, karena adanya right budget policy. Reaksi anda ketika menerima tugas tersebut?
A. Menolak tugas tersebut karena dirasa mustahil untuk dilaksanakan
B. Menerima tugas tersebut dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.
C. Menolak tugas dengan mengemukakan kekurangan – kekurangan diri, dan meminta atasan untuk menugaskan kepada orang lain.
D. Menerima tugas tersebut kemudian mengajak rekan- rekan kerja untuk mendiskusikan berbagai alternatif cara menyelesaikan tugas tersebut.
E. Menerima tugas tersebut kemudian mencoba menyelesaikannya sendiri
Jawaban: D
16. Prosedur kerja yang baik menurut anda adalah….
A. Meskipun berbelit- belit selalu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan
B. Sesuai dengan perintah dan arahan atasan
C. Menerapkan prosedur baru agar tidak ketinggalan zaman
D. Menerapkan prosedur baru yang lebih maju
E. Melakukan inovasi secara berkelanjutan agar prosedur kerja semakin efektif dan efisien
Jawaban: E
17. Saya tergolong orang yang kreatif, karena saya ….
A. Mampu menyelesaikan berbagai tugas sulit dalam waktu yang singkat
B. Senang menghasilkan karya- karya intelektual yang bermanfaat
C. Memiliki cara pandang yang unik dan kontroversial
D. Mempunyai ide- ide baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya
E. Senang menghasilkan karya- karya baru
Jawaban: B
18. Vendor atau pihak ketiga melaporkan bahwa proyek yang sedang dikerjakan tidak mencapai target tepat waktu. Tindakan yang saya lakukan adalah ….
A. Meminta bukti untuk dilaporkan kepada atasan
B. Meminta vendor untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
C. Meminta bukti yang lengkap untuk didiskusikan dan mencarikan solusi
D. Meminta bukti yang lengkap untuk dilaporkan kepada atasan bahwa vendor kurang baik
E. Meminta alasan kepada vendor mengapa pekerjaan tidak selesai tepat waktu
Jawaban: D
19. Anda adalah karyawan yang memiliki kompetensi dibidang pemasaran, dan dipercaya untuk memimpin tim yang kurang produktif. Usia mereka jauh lebih tua dari pada anda. Bagaimana strategi anda ?
A. Memaksa anggota tim untuk mengikuti kehendak anda
B. Mengevaluasi kinerja tim dan mendorongnya untuk berubah
C. Mengambil alih tanggung jawab tim sebagai tanggung jawab
D. Menggunakan cara baru sesuai kemampuan anda
E. Mendiskusikan apa hambatannya selama ini dan mencari solusi bersama serta mengevaluasi secara rutin
Jawaban: E
20. Anda mendapat klien yang sangat kritis terhadap hasil kerja anda, menghadapi klien tersebut;
A. Bernegosiasi dengan klien bahwa tidak semua permintaannya dapat dipenuhi
B. Bersedia memenuhi semua permintaan sehingga dapat memuaskan klien
C. Melaporkan sikap klien tersebut kepada atasan
D. Meminta atasan untuk menambah pegawai yang dapat membantu klien tersebut
E. Meminta atasan untuk menambah pegawai khusus
Jawaban: A
21. Saya mampu menuntaskan tugas sebelum batas waktu yang ditetapkan. Saya memiliki waktu senggang pada jam kerja. Biasanya waktu tersebut digunakan untuk :
A. Membaca buku- buku yang dapat mendukung pekerjaan saya
B. Menawarkan bantuan kepada rekan kerja
C. Meneliti kembali hasil pekerjaan saya
D. Bersosialisasi dengan rekan- rekan sekantor
E. Bersosialisasi dengan rekan- rekan dari tim berbeda
Jawaban: B
22. Menentukan sumber dana yang diperlukan, mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala aktivitas perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan, merupakan langkah yang ditempuh oleh manajemen ….
A. Personalia
B. Produksi
C. Keuangan
D. Pemasaran
E. Administrasi
Jawaban: C
23. Perhatikan unsur pekerjaan berikut ini!
1. Direktur utama
2. Mandor
3. Pengawas lapangan
4. Kepala bagian
5. Supervisor
6. Dewan direksi
Yang merupakan bagian dari lower manajemen yaitu …
A. 2, 4, 6
B. 1, 2, 3
C. 2, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 3, 5, 6
Jawaban: C
24. Keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain disebut ….
A. Communication
B. Konseptual
C. Teknis
D. Simpati
E. Interpersonal
Jawaban: E
25. Tingkat manajemen yang bertugas memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional adalah ….
A. Organizing
B. Top management
C. Lower management
D. Middle management
E. Personalia
Jawaban: C
26. Planning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut ….
A. Sondang P. Siagian
B. Henry Fayol
C. M. Gullick
D. Harlod Koontz
E. George R. Terry
Jawaban: A
27. Dapat menjalin hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ….
A. Coordinating
B. Planning
C. Organizing
D. Actuating
E. Controlling
Jawaban: C
28. Jabatan direktur utama dalam perusahaan termasuk dalam tingkatan ….
A. Semua level manajemen
B. Dewan komisaris
C. Manajemen menengah
D. Manajemen puncak
E. Manajemen tingkat bawah
Jawaban: D
29. Pak Budianto adalah seorang manajer personalia di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Ia merencanakan penerimaan pegawai baru. Untuk itu, ia melakukan berbagai aktivitas mulai dari menentukan panitia, menetapkan tugas, dan tanggung jawab masing-masing individu, serta pendelegasian wewenang kepada bawahan. Kegiatan Berbagai aktivitas yang dilakukan tersebut sesuai dengan fungsi manajemen, yaitu ….
A. Actuating
B. Forcasting
C. Planning
D. Controlling
E. Organizing
Jawaban: E
30. Istilah manajemen berasal dari “manage” yang berasal dari bahasa…. yaitu ….
A. Italia, Maneggio
B. Latin, Maneggio
C. Inggris, Management
D. Italia, Maneggiare
E. Sanskerta, Maneggio
Jawaban: A
31. Apa yang dimaksud dengan manajemen ….
A. Ilmu perencanaan, pengaturan dan pelaksanaan hubungan antar manusia dengan organisasi
B. Ilmu dan seni tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk pemenuhan kebutuhan manusia yang tak terbatas.
C. Ilmu untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal dalam rangka pemenuhan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan misi dan visi perusahaan.
D. Ilmu dan seni dalam memimpin orang atau SDM
E. IImu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Jawaban: E
32. Salah satu tugas dari Manajemen puncak adalah ….
A. Bertanggung jawab pada lower management.
B. Menetapkan kebijakan operasional
C. Melakukan semua pekerjaan tingkat operasional.
D. Mengawasi pada pekerja.
E. Bertanggung jawab pada Middle Management.
Jawaban: B
33. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah ….
A. Perencanaan, organisasi dan evaluasi
B. Formal, informal dan teknis
C. Konseptual, formal dan teknis
D. Formal, teknis dan manajerial
E. Konseptual, Kemanusian dan teknis
Jawaban: E
34. Ibu Esti mempunyai kemampuan dalam merencanakan bentuk kemasan tiap produk. Hal tersebut mengakibatkan tampilan produk yang dihasilkan sangat menarik sehingga meningkatkan omzet penjualan. Berdasarkan uraian tersebut, Ibu Esti adalah orang yang tepat dalam melakukan kegiatan manajemen di bidang ….
A. Perkantoran
B. Operasional/ produksi
C. Personalia
D. Keuangan
E. Pemasaran
Jawaban: B
35. Prinsip “the right man on the right place” yang digunakan dalam menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan pelaksanaan dari fungsi ….
A. Controlling
B. Planning
C. Organizing
D. Actuating
E. Motivating
Jawaban: C
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Dipna Videlia Putsanra