Soal Posisi di Timnas U-22, Osvaldo Haay Ikut Perintah Indra Sjafri

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 12 Januari 2019
Osvaldo Haay mengatakan bahwa dirinya siap dimainkan di posisi manapun jika diberi kesempatan memperkuat Timnas U-22 Indonesia, asalkan masih dalam konteks menyerang.
tirto.id - Penyerang Persebaya Surabaya, Osvaldo Ardiles Haay kembali dipanggil Timnas U-22 Indonesia untuk mengikuti persiapan jelang Piala AFF U-22 2019. Pertanyaan pun mulai muncul terkait apa posisi yang diinginkan Osvaldo jika masuk ke skuat tetap Timnas U-22.

Osvaldo menyatakan dirinya santai menanggapi spekulasi terkait posisinya. Yang jelas, di manapun ditempatkan, asal bertujuan menyerang ia siap mengikuti instruksi pelatih.

"Di timnas ini saya serahkan keputusan kepada pelatih. Kalau memang saya harus memainkan false nine atau tetap menjadi pemain sayap, saya selalu akan siap," katanya seperti diwartakan Goal.

Osvaldo memang tergolong sebagai pemain serba bisa. Ia sebenarnya berposisi murni sebagai gelandang serang, namun kerap ditempatkan sebagai bek sayap maupun penyerang sayap kiri. Uniknya, pada putaran kedua Liga 1 2018 lalu, Osvaldo justru lebih banyak dimainkan Djadjang Nurjaman (pelatih Persebaya) pada posisi ujung tombak alias striker.


Sejauh ini, di Timnas U-22 sendiri Osvaldo tak merasa kesulitan beradaptasi. Permasalahan sempat ia alami karena libur panjang yang membuat berat badan tidak stabil. Namun hal itu perlahan mulai dapat ia antisipasi.

"Kesulitan pasti ada karena saya baru bergabung. Mungkin selama libur makan agak banyak, jadi badan terasa berat. Tapi puji Tuhan segalanya bisa dilalui dengan baik, selanjutnya saya serahkan kepada pelatih," tandasnya.

Timnas U-22 Indonesia bakal menerapkan sistem promosi dan degradasi guna pematangan skuat untuk berangkat ke Piala AFF U-22. Selain pemusatan latihan, skuat asuhan Indra Sjafri juga diagendakan melakoni serangkaian partai uji coba.

Turnamen sendiri baru akan dimulai pada 17 Februari di Kamboja. Timnas U-22 Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura, serta tuan rumah Kamboja.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-22 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live