Skuat Polandia di Piala Dunia 2018: Pembuktian Generasi Emas

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Polandia memiliki generasi emas yang siap 'meledak' di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Polandia lolos ke Piala Dunia 2018 dengan generasi emas mereka. Bintang-bintang seperti Robert Lewandowski, Kamil Glik, hingga Piotr Zielinski akan menjadi tulang punggung tim di turnamen yang akan digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 ini.

Setelah menunggu 12 tahun akhirnya Polandia kembali lolos ke Piala Dunia. Ini adalah partisipasi kedelapan Biało-czerwoni (Si Putih-Merah) di turnamen empat tahunan tersebut. Sepanjang perjalanan tim tersebut di Piala Dunia, prestrasi terbaik adalah peringkat ketiga Jerman 1974 dan Spanyol 1982.

Kali ini, pelatih Adam Nawałka membawa 35 pemain untuk skuat bayangan Polandia. 24 di antaranya diambil dari mereka yang bertarung di luar kompetisi dalam negeri. Nawalka mengangkut Robert Lewandowski, penyerang Bayern Munchen sekaligus top skor Liga Jerman musim ini yang mencetak 16 gol untuk Polandia sepanjang babak kualifikasi zona Eropa.

Rekan duet bomber 29 tahun itu kemungkinan adalah Arkadiusz Milik, penyerang Napoli yang dalam lebih dari separuh musim ini harus menghabiskan waktu untuk pemulihan cedera ACL (anterior cruciate ligament).

Untuk memanaskan persaingan di lini depan, Nawalka mencantumkan dua muka baru. Ada Dawid Kowacki yang baru bermain 1 laga untuk Polandia, dan Krzysztof Piatek yang bahkan sama sekali belum pernah mengenakan seragam timnas negaranya.

Mencoba pemain muda tidak hanya dilakukan Nawalka di lini depan. Ia memanggil nama-nama dengan sedikit pengalaman internasional. Ada kiper Bartosz Bialkowski (30 tahun), bek Jan Bednarek (22 tahun), gelandang Damian Kadzior, Sebastian Szymanski, dan Szymon Zurkowski. Tiga nama terakhir, sama seperti Piatek, belum pernah tampil untuk timnas senior Polandia.


Meskipun ada anak-anak baru, 'tulang punggung' Polandia tetaplah mereka yang telah membantu tim tersebut mencetak 28 gol dan mengemas 8 kemenangan di kualifikasi Grup E. Di lini tengah terdapat trio Kamil Grosicki (29 tahun), Grzegorz Krychowiak (28 tahun), dan Piotr Zieliński (23 tahun). Lini belakang memiliki Kamil Glik (30 tahun) dan Maciej Rybus (28 tahun).

Dengan generasi emas seperti itu, Polandia diperkirakan bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2018. Satu yang dapat mereka ingat, adalah kejadian di Piala Eropa 2016. Ketika itu Polandia tersingkir oleh Portugal yang lebih tidak diunggulkan di babak perempat-final karena adu penalti. 'Permainan mental' seperti inilah yang bisa mengganjal Polandia di Rusia.

Berikut ini daftar pemain dalam skuat bayangan Polandia di Piala Dunia 2018.

Kiper: Bartosz Bialkowski (Ipswich Town, Inggris), Lukasz Fabianski (Swansea City, Wales), Lukasz Skorupski (Roma, Italia), Wojciech Szczesny (Juventus, Italia);

Bek: Jan Bednarek (Southampton, Inggris), Bartosz Bereszynski (Sampdoria, Italia), Thiago Cionek (SPAL, Italia), Kamil Glik (Monako, Prancis), Artur Jedrzejczyk (Legia Warsawa), Marcin Kaminski (Stuttgart, Jerman), Tomasz Kedziora (Dynamo Kyiv, Ukraina), Michal Pazdan (Legia Warsawa), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund, Jerman);

Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Wolfsburg, Jerman), Pawel Dawidowicz (Palermo, Italia), Przemyslaw Frankowski (Jagiellonia Bialystok), Jacek Goralski (Ludogorets Razgrad, Bulgaria), Kamil Grosicki (Hull City, Inggris), Damian Kadzior (Gornik Zabrze), Grzegorz Krychowiak (West Bromwich Albion, Inggris), Rafal Kurzawa (Gornik Zabrze), Karol Linetty (Sampdoria, Italia), Maciej Makuszewski (Lech Poznan), Krzysztof Maczynski (Legia Warsawa), Slawomir Peszko (Lechnia Gdansk), Maciej Rybus (Lokomotiv Moskow, Rusia), Sebastian Szymanski (Legia Warsawa), Piotr Zielinski (Napoli, Italia), Szymon Zurkowski (Gornik Zabrze);

Kiper: Dawid Kownacki (Sampdoria, Italia), Robert Lewandowski (Bayern Munich, Jerman), Arkadiusz Milik (Napoli, Italia), Krzysztof Piatek (Cracovia), Lukasz Teodorczyk (Anderlecht, Belgia), Kamil Wilczek (Brondby, Denmark).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus