Skuad Brasil di Pra Piala Dunia 2022: Coutinho In, Neymar Kapten?

Oleh: Iswara N Raditya - 21 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Coutinho dan Neymar masuk dalam skuad Timnas Brasil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022.
tirto.id - Jelang Kualifikasi atau Pra Piala Dunia 2022, Tite selaku pelatih Timnas Brasil telah menentukan skuad dan memanggil para pemain. Philippe Coutinho masuk dalam daftar panggil. Begitu pula Neymar yang bermasalah saat membela Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue1 Liga Perancis lalu.

Philippe Coutinho sempat “tidak diinginkan” di Barcelona dan dipinjamkan ke Bayern Munchen sepanjang musim lalu. Bersama Die Roten, ia justru tampil memukau dan turut meraih seabrek trofi, termasuk juara Bundesliga Jerman dan menjadi kampiun Liga Champions 2019/2020.

Mantan pemain andalan Liverpool ini bahkan ikut melesakkan dua gol ke gawang klub pemiliknya, Barcelona, saat Bayern Munchen meraih kemenangan telak 8-2 di babak perempat final Liga Champions pada 14 Agustus 2020 lalu.

Seiring hadirnya Ronald Koeman sebagai pelatih baru Barcelona, Coutinho yang kini telah kembali ke Camp Nou mulai diberikan porsi bermain di El Blaugrana. Ia selalu dilibatkan dalam 3 laga pra-musim melawan Gimnàstic Tarragona, Girona, dan Elche, dengan menyumbangkan 2 gol.

Kini, Tite pun memasukkan nama Philippe Coutinho dalam list pemain yang dipanggilnya ke skuad Timnas Brasil untuk berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan depan. Pemain 28 tahun ini telah mengemas 61 caps dan 17 gol bersama Selecao.

Neymar Bakal Jadi Kapten Brasil Lagi?

Tite juga memanggil Neymar ke skuad Brasil terbaru kendati sang bintang baru saja menghadapi masalah di Ligue 1 Perancis. Insiden itu terjadi dalam duel PSG vs Marseille pada 14 September 2020 lalu. Neymar diganjar kartu merah karena terlibat perseteruan dengan bek asal Spanyol, Alvaro Gonzalez.

Neymar beralasan, Gonzalez telah memakinya dengan ucapan rasis sehingga ia bereaksi dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 0-1 untuk kekalahan PSG di kandang sendiri itu. Hal ini masih diselidiki oleh otoritas Liga Perancis.

Memperkuat tim nasional bisa menjadi ajang refreshing bagi Neymar. Peluangnya untuk kembali menjabat sebagai kapten Timnas Brasil pun terbuka. Pasalnya, Tite tidak menyertakan nama bek sayap kawakan, Dani Alves, dalam pasukannya kali ini.


Kendati begitu, jabatan kapten bisa saja diberikan kepada pemain lain. Tite masih memanggil bek veteran Thiago Silva yang kini menjadi pemain Chelsea setelah hengkang dari PSG. Ada pula Casemiro (Real Madrid), Felipe (Atletico Madrid), Roberto Firmino (Liverpool), atau Everton Ribeiro (Flamengo).

Neymar pernah mengenakan ban kapten Timnas Brasil usai Piala Dunia 2018 silam namun kemudian dicopot jelang Copa Amerika 2019 karena striker 28 tahun itu kerap bermasalah di PSG. Setelah itu, jabatann kapten tim dialihkan kepada Dani Alves.

Daftar Skuad Timnas Brasil Terbaru

Kiper:
Alisson (Liverpool), Santos (Athletico Paranaense), Weverton (Palmeiras)

Belakang:
Danilo (Juventus), Gabriel Menino (Palmeiras), Alex Telles (FC Porto), Renan Lodi (Atletico Madrid), Thiago Silva (Chelsea ), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Felipe (Atletico Madrid), Rodrigo Caio (Flamengo)

Tengah:
Casemiro (Real Madrid), Fabinho (Liverpool), Bruno Guimaraes (Lyon), Douglas Luiz (Aston Villa), Philippe Coutinho (Barcelona), Everton Ribeiro (Flamengo)

Depan:
Gabriel Jesus (Manchester City), Rodrygo (Real Madrid), Neymar (Paris Saint-Germain), Everton (Benfica), Roberto Firmino (Liverpool), Richarlison (Everton)

Baca juga artikel terkait TIMNAS BRASIL atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight