Sistem Satu Arah Kembali Diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Oleh: Mohammad Bernie - 20 Juni 2018
Jasa Marga memberlakukan sistem satu arah untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, pada Rabu 20 Juni 2018.
tirto.id - PT Jasa Marga akan kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dari Kilometer (Km) 47 sampai dengan Km 29 atau Gerbang Tol Cikarang Utama, mulai pukul 16.30 WIB, Rabu (20/6/2018).

"Upaya ini dilakukan guna memberikan kenyamanan pengguna jalan pada arus balik Lebaran 1439 H," ujar Customer & Employee Relations Manager PT Jasa Marga Faiza Riani lewat keterangan tertulisnya, Rabu (20/6/2018).

Berbeda dari sebelumnya, kini pengguna jalan tol dari arah Jakarta ke Bandung maupun Cikampek masih bisa melalui Jalan tol. Sebelumnya, jalur tol dari Jakarta ke arah Cikampek maupun Bandung ditutup sehingga pengendara harus beralih ke jalan arteri.

Kali ini, Jasa Marga memberlakukan contra flow atau lawan arus dari Km 3 arah Halim Perdanakusuma hingga gerbang tol Cikarang Barat. Baru selanjutnya pengendara akan diarahkan untuk melalui jalan arteri.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," tutup Faiza.

Sebelumnya, pada Selasa (19/6/2018), PT Lintas Marga Sedaya (LMS) membuka seluruh Gerbang Tol (GT) Cipali untuk arah Jakarta, menyusul diberlakukannya one way oleh petugas kepolisian di sepanjang jalur Tol Cipali.

"Kita tutup semua gardu yang mengarah ke Jawa Tengah dan di GT Palimanan arah Jakarta kita buka 23 gardu," kata General Manajer Operasional PT Lintas Marga Sedaya, Suyitno melalui pesan yang diterima di Cirebon, Selasa (19/6/2018).

Suyitno menuturkan, pihaknya telah menutup GT Sumberjaya, GT Cikedung, GT Kertajati, GT Subang, GT Kalijati untuk arah ke Jawa Tengah.

"Proses ini dilakukan atas koordinasi dan diskresi kepolisian wilayah setempat, karena mulai dari pukul 14.50 WIB Tol Cipali diberlakukan one way," tuturnya.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Dari Sejawat
Infografik Instagram