Sinopsis Whiplash di Mola TV: Film yang Raih 3 Oscar Tahun 2015

Oleh: Sirojul Khafid - 18 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Whiplash yang bisa di tonton di Mola TV. Film ini tentang drummer jazz.
tirto.id - Whiplash sudah bisa disaksikan di Mola TV. Film drama yang bercerita tentang kehidupan seorang drummer ini rilis pertama kali pada 15 Oktober 2014.

Rotten Tometoes memberi skor film berdurasi satu jam 46 menit ini sebesar 94 persen. Sementara IMDb memberi skor 8,5/10 dari 697.046 penilai.

Selama tayang di bioskop, Box Office Mojo mencatat penghasilan Whiplash lebih dari 48,9 juta dolar Amerika Serikat. Lebih dari 35,8 juta dolar berasal dari penayangan secara internasional.

Dalam ajang Oscar tahun 2015, Whiplash mendapat lima nominasi. Tiga di antaranya berhasil dimenangkan yakni ketegori Best Performance by an Actor in a Supporting Role (J.K. Simmons), Best Achievement in Film Editing (Tom Cross), dan Best Achievement in Sound Mixing (Craig Mann, Ben Wilkins, Thomas Curley, dan Sinopsis Whiplash).

Sinopsis Whiplash

Andrew Niemann masih berusia 19 tahun saat bercita-cita menjadi drummer jazz terbaik di dunia. Tidak ada darah musisi di keluarganya. Dia besar bersama ayah yang merupakan seorang guru setelah gagal menjadi penulis.

Andrew berhasil masuk sekolah musik terbaik di Amerika bernama Shaffer Conservatory of Music. Kesempatan langka itu dia dapat setelah memenangkan kompetisi musik di Shaffer. Selama masa belajar ini, Andrew akan berada dalam bimbingan Terence Fletcher.

Terence merupakan orang yang baik saat berada di luar ruang latihan. Tapi jangan harap keramahan atau kebaikan di dalam ruang latihan. Pada awal-awal latihan, Andrew menjadi drummer di band. Sepertinya Andrew salah memukul drum pada beberapa note.

Terence menghentikan musik dan meminta mengulangi dari awal. Namun Andrew berulang kali salah. Terence lantas marah. Tidak hanya memaki, dia juga menampar dan melempar barang pada Andrew. Bahkan Andrew sempat menangis atas perlakuan itu.

Ini marupakan awal dari perjalanan Andrew sebagai seorang drummer. Bagus di mata Terence bukan hanya memiliki skil yang hebat, tapi juga bermain tanpa kesalahan sedikit pun. Sepertinya ini akan menjadi perjalanan yang cukup melelahkan bagi Andrew.

Para pemain yang bergabung di antaranya Miles Teller sebagai Andrew, J.K. Simmons sebagai Fletcher, Paul Reiser sebagai Jim Neimann, Melissa Benoist sebagai Nicole, Austin Stowell sebagai Ryan, Nate Lang sebagai Carl Tanner, Chris Mulkey sebagai Uncle Frank, dan Damon Gupton sebagai Mr. Kramer.

Whiplash berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Damien Chazelle. Film dengan produser Helen Estabrook, Jason Blum, Michel Litvak, dan David Lancaster ini berada dalam naungan studio produksi Blumhouse, Bold Films, dan Right of Way Films.

Selain Whiplash, Damien Chazelle merupakan sutradara Babylon (2021), The Stunt Double (2020), The Eddy (2020), First Man (2018), La La Land (2016), dan Guy and Madeline on a Park Bench (2009).


Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight