Sinopsis The Golden Compass yang Tayang Pukul 14.00 di Trans TV

Oleh: Sirojul Khafid - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis The Golden Compass di Trans TV siang ini: Lyra Belacqua berpetualang di alam semesta paralel.
tirto.id - The Golden Compass dijadwalkan tayang di Bioskop Trans TV pada Jumat (12/7/2019) pukul 14.00 WIB. Lyra Belacqua berpetualang di alam semesta paralel untuk menyelamatkan sahabatnya dan anak-anak lain yang diculik oleh organisasi misterius.

Seorang gadis muda yatim piatu, Lyra Belacqua (Dakota Blue Richards) tinggal di Jordan College di Oxford. Lyra hidup di dunia yang unik. Di dunia Lyra, setiap orang akan mempunyai daemon, sebuah representasi fisik jiwa mereka dalam bentuk binatang.

Karena usia Lyra yang masih muda, daemon Lyra yang bernama Pantalaimon atau Pan dapat mengubah bentuknya agar tampak seperti hewan apa pun yang dipilihnya. Daemon milik orang dewasa akan menjadi satu bentuk dan tidak berubah.

Suatu hari, Lyra mendengar wawancara antara Master of Jordan College (Jack Shepherd) dan Fra Pavel (Simon McBurney), seorang perwakilan dari badan keagamaan yang kuat dan menyeramkan atau Magisterium. Mereka sedang mendiskusikan ekspedisi ke ujung utara yang direncanakan paman Lyra, Lord Asriel (Daniel Craig).

Asriel ingin mempelajari zat misterius yang disebut "Dust". Asriel yakin "Dust" terhubung dengan sarana untuk pergi dari satu alam semesta ke alam semesta paralel lainnya.

Fra Pavel menekan sang Master untuk tidak mendukung ekspedisi Lord Asriel, tetapi ia menolak. Ketika ditinggalkan sendirian di ruangan itu, Fra Pavel meracuni botol anggur yang telah dituang secara khusus untuk Lord Asriel.

Lyra kemudian diwarisi sebuah alethiometer atau Golden Compass untuk dijaga dengan baik dari tangan orang yang jahat. Alat tersebut disebut-sebut dapat memberitahukan apa yang terjadi sebenarnya. Lyra dan Pantalaimon pun memulai perjalanan menegangkan.

Dari menghindari Ny. Coulter yang berusaha merebut kompas itu, dikejar oleh para Gobbler, hingga bertemu dengan para orang Gipsi yang baik hati dan Ma Costa yang secara khusus ditugaskan Lord Asriel untuk mengawasi keponakannya.

Film The Golden Compass yang digarap Chris Weitz merupakan adaptasi dari novel karya Philip Pullman dengan judul yang sama pada 1995.

Film ini pernah memenangkan kategori Visual Efek Terbaik pada Oscar 2008, BAFTA Awards 2008, Film Fantasi Terbaik di Art Directors Guild 2008, dan Film Original untuk Fantasi atau Sains Fiksi Terbaik di IFMCA 2008.

-------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Sirojul Khafid