Lone Survivor di Trans TV Malam Ini: Misi Membunuh Pemimpin Taliban

Oleh: Sirojul Khafid - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Lone Survivor: kisah nyata misi menangkap dan membunuh pemimpin Taliban, Ahmad Shah pada Juni 2005.
tirto.id - Lone Survivor akan tayang di Bioskop Trans TV pada Jumat (12/7/2019) pukul 21.00 WIB. Film ini diangkat dari kisah nyata soal misi yang dipimpin Marcus Luttrell untuk menangkap dan membunuh pemimpin Taliban, Ahmad Shah pada Juni 2005.

Tim Navy Seal, yang beranggotakan Michael Murphy (Taylor Kitsch), Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Matthew Axelson (Ben Foster), dan Danny Dietz (Emile Hirsch) punya misi untuk menangkap dan membunuh pemimpin Taliban, Ahmad Shah.

Mereka telah melakukan pengamatan dan memastikan ciri-ciri target. Tim hanya tinggal menunggu perintah untuk menembak Shah. Namun, di tengah keadaan genting itu, sinyal radio terputus sehingga mereka tak bisa mendengar perintah atasan.

Sinyal terganggu kondisi lokasi yang berbukit-bukit. Saat sedang menunggu sampai radio kembali berfungsi, tiba-tiba datang tiga orang penggembala kambing.

Tim Navy Seal menangkap para penggembala. Tim ini bingung apakah ketiga penggembala itu harus dibunuh. Jika mereka membunuh penggembala artinya melanggar kode etik.

Namun, jika tim membiarkan para penggembala pergi, risikonya besar. Misi mereka bisa gagal jika penggembala memberitahukan keberadaan tentara Amerika Serikat (AS) di desa tersebut.

Dugaan mereka benar, para penggembala kambing yang dilepaskan itu melapor kepada pasukan Taliban yang kemudian menyerang balik pasukan AS.

Serangan ini tidak diprediksi, apalagi dalam kondisi komunikasi dengan pusat yang terputus. Anggota Navy Seal tewas satu persatu dan tersisa Marcus seorang diri dalam kondisi terluka dan tanpa senjata.

Film karya Peter Berg ini akan mengisahkan bagaimana perjuangan Marcus menyelamatkan diri dan kembali ke AS. Lone Survivor tayang perdana pada 10 Januari 2014 dengan durasi 122 menit. Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 154 juta dolar AS.

Rotten Tomatoes memberi Tomatometer 76 persen untuk film ini dan 87 persen dari penonton, sedangkan IMDb memberi rating 7,5 dari 10 untuk Lone Survivor.


-------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.



Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kolumnis: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra