Sinopsis The Circle, Film yang Tayang di Trans TV Malam Ini

Oleh: Desika Pemita - 22 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film The Circle yang akan tayang malam ini, Jumat (22/1/2021) di Trans TV pukul 21.30 wib.
tirto.id - The Circle, film yang diperankan oleh Emma Watson dan Tom Hanks bercerita tentang Mae Holland (Emma Watson) mendapatkan posisi call center di The Circle, sebuah perusahaan teknologi dan media sosial.

Mae menerima tawaran pekerjaan itu, berharap dapat membiayai orangtuanya, terutama ayahnya yang menderita multiple sclerosis.

Pada rapat perusahaan, CEO Eamon Bailey (Tom Hanks) memperkenalkan SeeChange, yang menggunakan kamera kecil yang ditempatkan di mana saja untuk menyediakan video berkualitas tinggi secara real-time. Rupanya, sosok Mae berhasil mencuri perhatian publik.

Akhirnya, Mae naik daun dengan cepat di The Circle hingga terkenal di jejaring sosial. Dia bertemu dengan Ty Lafitte (John Boyega).

Sebagai karyawan senior, Ty justru menunjukkan kecurigaan terhadap karyawan lain mengenai kondisi perusahaan The Circle. Ty merasa ada yang tak beres.

Saat Mae bertemu Ty, dia membawanya ke area yang berisi server cloud tempat semua informasi yang dikumpulkan oleh SeeChange disimpan.

Rupanya Ty adalah pencipta True You, produk Circle yang populer, dan dia tidak mengenalinya. Mae malu tidak mengenali Ty.

Merasa mulai putus asa, Ty akhirnya curhat kepada Mae, menyebutkan bahwa True You telah tumbuh di luar kendalinya. Dia juga kecewa karena hasil ciptaannya dimanfaatkan tak seperti awal pembuatannya.

Belakangan, ibu Mae menunjukkan kepada Mae gambar lampu gantung Mercer yang terbuat dari tanduk rusa.

Dia memotretnya dan membagikannya di profil Lingkarannya. Gambar tersebut menarik perhatian negatif yang signifikan ke Mercer. Netizen menuduhnya membunuh rusa.

Sementara itu, Mae yang tengah tertekan memutuskan untuk bermain kayak di malam hari. Mendadak air yang deras menyebabkan kayaknya terbalik.

Dia diselamatkan oleh Penjaga Pantai. Kamera SeeChange merekam semua momen tersebut, begitulah cara Penjaga Pantai bisa menyelamatkannya.

Pengalaman kayak mendorong Mae untuk menjadi "Circler" pertama yang "benar-benar transparan", yang melibatkan penggunaan kamera kecil dan mengekspos hidupnya ke dunia 24/7.

Terkenal di dunia maya, membuat hubungan Mae dengan orang-orang tercintanya rusak. Dia secara tidak sengaja terlalu mengekspos kehidupan dan menjauhkan diri dari orangtua atau sahabat di dunia nyata.

Pada rapat dewan, Eamon mengumumkan dukungan dari hampir semua 50 negara bagian untuk pemungutan suara melalui akun Circle.

Mae mengambil langkah lebih jauh dan menyarankan agar setiap individu memiliki akun Circle, yang kemudian dapat mereka gunakan untuk memberikan suara. Eamon dan Tom setuju, tetapi saran itu mengecewakan Annie.

Pada pertemuan seluruh perusahaan berikutnya, Mae mengatakan bahwa The Circle dapat menemukan siapa pun di planet ini dalam waktu kurang dari 20 menit dan memperkenalkan program untuk menemukan penjahat yang diinginkan dalam waktu cepat.

Program ini mengidentifikasi narapidana yang melarikan diri dalam 10 menit, yang menyebabkan para penonton Circlers meledak dengan tepuk tangan.

Mae mengatakan bahwa program tersebut dapat menemukan siapa saja, tidak hanya penjahat yang diinginkan, termasuk Mercer.

Mae awalnya ragu untuk menggunakan program tersebut untuk menemukan Mercer, tetapi Tom membujuk Mae untuk melakukan.

Mercer berada di kabin terpencil tempat dia mengerjakan proyek tanduknya. Terkejut dengan ini, dia melarikan diri. Mercer pun dikejar, kamera berhasil ditempatkan di jendela truknya sehingga dunia akan melihatnya.

Mercer yang kaget kemudian kehilangan kendali jatuh dari jembatan hingga tewas karena drone terbang ke jalur truk.

Lalu, bagaimana nasib Mae setelah Mercer meninggal dunia? Apakah ada rahasia dibalik The Circle?

The Circle seolah menunjukkan kondisi saat ini, dimana media sosial berkembang pesat. Juga penggunaannya yang mulai bias, antara kehidupan nyata dengan dunia maya. Bahkan, banyak juga netizen yang menyerang seseorang tanpa mengetahui permasalahan.

Emma Watson sebagai pemeran utama menunjukkan kemampuan aktingnya. Dia juga berhasil melepas image-nya sebagai bocah penyihir di Harry Potter saat memerankan karakter Mae Holland. Di sini, Emma Watson benar-benar berubah seperti sosok yang berbeda.

Jika tak ada perubahan jadwal, The Circle akan tayang malam ini, Jumat (22/1/2021) pukul 21.30 WIB di Trans TV.


Baca juga artikel terkait FILM TRANS TV atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight