Sinopsis Shoplifters, Film Jepang Hirokazu Koreeda Tentang Keluarga

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra, tirto.id - 10 Des 2020 09:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Shoplifters (2018) film keluarga karya Hirokazu Koreeda.
tirto.id - Shoplifters adalah sebuah film yang ditulis dan disutradarai oleh Hirokazu Koreeda. Film Shoplifters yang masuk dalam nominasi Best Foreign Language di Penghargaan Film Oscar ini menggambarkan potret kemiskinan di pinggiran Tokyo, ibu kota Jepang, yang selama ini dikenal dengan kemajuan teknologi dan kekayaan ekonomi.

Shoplifters tayang perdana pada 13 Maret 2018 di Cannes Film Festival Awards. Pada ajang tersebut, Shoplifters berhasil meraih penghargaan Palme d'Or, penghargaan tertinggi di festival tersebut.

IMDb merating film ini 8.0/10 dari 60,041 pengguna. Rotten Tommatoes memberi 99% Tomatometer dan 91% Audience Score.

Sinopsis Shoplifters (2018)


Film ini bernarasi tentang keluarga miskin yang tinggal di rumah sempit dan kumuh di pinggiran Tokyo. Rumah tersebut dihuni oleh 5 orang. Kepala keluarga bernama Osamu, istrinya bernama Nobuyo, seorang nenek bernama Hatsue, perempuan muda bernama Aki, dan seorang bocah laki-laki bernama Shota.

Osamu adalah seorang pria yang bekerja sebagai kuli bangunan namun harus berhenti karena kakinya patah. Ia kerap mencuri barang dari toko bersama dengan Shota karena tak mempunyai uang untuk membeli.

Shota adalah anak laki-laki yang cukup pandai. Ia diajari oleh Osamu untuk mencuri barang-barang di toko. Ia menolak memanggil Osamu dengan sebutan ayah walau Osamu kerap memaksanya.

Nobuyo bekerja di sebuah pabrik laundry, namun ia kemudian dipaksa untuk keluar dari pekerjaannya tersebut. Hatsue adalah seorang nenek yang menghidupi kelima orang di rumah itu dengan dana pensiunan dari suaminya. Aki adalah cucu dari Hatsue yang bekerja sebagai wanita penghibur.

Suatu hari ketika Osamu dan Shota pulang dari mencuri, mereka melihat seorang anak perempuan yang terkunci di luar rumahnya. Cuaca sangat dingin dan mereka memutuskan untuk membawa anak bernama Yuri tersebut pulang ke rumah mereka untuk makan malam.

Namun mereka memutuskan untuk mengurus Yuri karena mereka menemukan tanda-tanda bekas kekerasan pada tubuh Yuri dan mendengar bahwa orang tua Yuri tidak pernah menginginkan Yuri untuk lahir.

Hari demi hari Yuri menjadi dekat dengan keluarga tersebut karena mereka menyayanginya, tak seperti ibu dan ayah kandungnya. Setelah dua bulan berada di rumah tersebut, berita tentang hilangnya Yuri muncul di televisi. Karena enggan melepaskan Yuri, mereka memotong rambut, membakar pakaian lamanya, dan memberinya nama baru yaitu Lin.

Hatsue pergi ke kediaman mendiang suaminya. Ternyata, Hatsue adalah mantan istri dari kakek kandung Aki. Dan ternyata Aki berbohong pada orang tuanya bahwa ia sedang bersekolah di Australia.

Setelah keluarga itu pergi berlibur ke pantai bersama, Hatsue meninggal dalam tidurnya. Karena tak mempunyai uang untuk proses pemakaman, Osamu dan Nobuyo memutuskan untuk mengubur Hatsue di rumah mereka. Mereka kemudian menemukan uang tabungan Hatsue dan mengambilnya.

Suatu hari Shota tertangkap ketika mencuri barang di toko. Karena terpojok oleh penjaga toko, ia akhirnya melompat dari jembatan dan mematahkan kakinya. Osamu dan Nobuyo kemudian harus berurusan dengan polisi.

Bagaimana kelanjutan film Shoplifters?



Baca juga artikel terkait FILM JEPANG atau tulisan menarik lainnya Salma Mahjatina Zahra
(tirto.id - Film)

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra
Penulis: Salma Mahjatina Zahra
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight