Sinopsis Raiders of the Lost Ark: Indiana Jones Cari Artefak Langka

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 19 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Indiana Jones mencari artefak langka sebelum jatuh ke tangan yang salah.
tirto.id - Penggemar sosok Indiana Jones bisa menyaksikan aksi petualangannya malam ini, Senin (19/7/2021), melalui film Raiders of the Lost Ark di Bioskop Trans TV. Film garapan sutradara Steven Spielberg ini dijadwalkan mengudara pada pukul 19.30 WIB.

Raiders of the Lost Ark menceritakan petualangan Indiana Jones saat berusaha mendapatkan artefak Golden Idol. Misi tersebut mengharuskannya untuk menuju Peru. Namun, dirinya mesti menghadapi kendala dengan dirampoknya artefak tersebut oleh pesaingnya.

Film lama yang rilis pada 12 Juni 1981 ini dibintangi oleh Harrison Ford, Karen Alen, Paul Freeman, John Rhys Davies, Ronald Lacey dan Denholm Elliot. Film pemenang 5 Piala Oscar tersebut ditulis oleh Lawrence Kasdan, George Lucas, dan Philips Kaufman. Raiders of the Lost Ark memiliki durasi tayang 1 jam 5 menit.

Sementara itu, laman IMDb menuliskan rating tinggi pada film ini dengan skor 8,4 dari 10 melalui 904.383 penilaian. Film yang diproduksi Paramount Pictures dan Lucas Film ini, mencatatkan pendapatan lebih dari 389 juta dolar AS dari penayangannya di seluruh dunia.

Sinopsis Raiders of the Lost Ark


Film Raiders of the Lost Ark menceritakan mengenai Indiana Jones yang berada dalam misi pencarian artefak Golden Idol pada tahun 1936. Tidak butuh waktu lama bagi dirinya untuk bisa menemukan artefak yang ada di Peru itu. Artefak berada di dalam sebuah kuil kuno.

Jones lalu berhasil keluar dari kuil tersebut. Hanya saja, di luar sana sudah ada Rene Belloq dengan rencana jahatnya. Rene adalah pesaing Jones yang sama-sama memiliki pekerjaan sebagai arkeolog.

Rene bekerja sama dengan penduduk asli setempat bernama Hovitos untuk mencuri artefak Golden Idol yang sudah di tangan Jones. Jones lalu disergap saat dirinya mulai meninggalkan hutan. Rene pun berhasil mengambil artefak tersebut, lalu Jones melarikan diri ke Amerika Serikat.

Jones lalu kembali menjalani aktivitasnya di kampus. Saat di kampus, dia didatangi dua agen intelijen yang mengabarkan bahwa salah satu mentor Jones bernama Abner Ravenwood dalam buruan tentara Nazi.

Jones menduga diburunya Abner karena tentara Nazi menginginkan kepala tongkat Ra. Tongkat ini memiliki kegunaan untuk menemukan dan membuat tempat misteri bernama Tabut Perjanjian (Ark of the Covenant).

Bagi yang bisa menemukannya, maka dapat memiliki kekuatan gaib melalui perantaraan 10 perintah Tuhan yang ada di Tabut. Sebelumnya tentara Nazi sudah menemukan kota kuno Tanis di Mesir, diduga menjadi tempat Tabut Perjanjian yang disembunyikan Firaun Shishaq.

Melihat semua ini, Jones memutuskan pergi ke tempat tinggal Abner di Nepal. Sayangnya Abner ditemukan tewas dan kepala Tongkat Ra telah dibawa anak Abner yang bernama Marion. Sementara itu, sekelompok tentara nazi juga datang untuk mencari alat tersebut.

Tentara Nazi berencana menggunakan tongkat kepala Ra untuk meningkatkan kekuatan militer mereka. Akankah tongkat ini jatuh ke tangan Nazi, ataukah justru bisa diselamatkan oleh Jones?


Baca juga artikel terkait RAIDERS OF THE LOST ARK atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight