Sinopsis Raiders of the Lost Ark di Trans TV Pukul 23.00 WIB Nanti

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 2 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Raiders of the Lost Ark yang akan tayang di Trans TV malam ini pukul 23.00 WIB.
tirto.id - Raiders of the Lost Ark mengisahkan Indiana Jones yang berhasil melewati berbagai rintangan untuk mendapatkan artefak Golden Idol di Peru.

Film ini dirilis pada 12 Juni 1981. Meski termasuk film lawas, Raiders of the Lost Ark masih layak ditonton.

Film besutan sutradara Steven Spielberg ini akan diputar kembali untuk mengisi program Bioskop Trans TV malam nanti, Minggu (2/8/2020) pukul 23.00 WIB.

Cerita dimulai pada 1936, saat Indiana Jones berhasil mendapatkan artefak Golden Idol di Peru.

Jones berhasil keluar dari kuil kuno tempat artefak tersebut disimpan. Akan tetapi, Rene Belloq (Paul Freeman) yang merupakan arkeolog saingan Jones bersama dengan penduduk asli daerah tersebut bernama Hovitos, menunggunya di luar hutan dan meminta artefak tersebut.

Jones pun terpaksa memberikannya kepada Belloq, dan melarikan diri ke Amerika Serikat.

Sesampainya di kampus tempat dia mengajar, Jones didatangi dua agen intelijen. Mereka memberitahukan bahwa Abner Ravenwood yang merupakan salah satu mentor Jones sedang diburu oleh tentara Nazi.

Jones menebak bahwa para tentara tersebut sedang mencari kepala tongkat Ra, alat yang dapat membuka dan menemukan tempat rahasia Tabut Perjanjian (Ark of the Covenant).

Tabut tersebut berisi sepuluh perintah Tuhan, dan dapat memberikan kekuatan gaib bagi yang memilikinya.

Sebelumnya, para tentara Nazi pun telah menemukan kota kuno Tanis di Mesir. Kota tersebut diduga merupakan tempat Firaun Shishaq menyembunyikan Tabut Perjanjian.

Jones pun menuju kota Nepal tempat Ravenwood tinggal. Sesampainya di sana, ia baru mengetahui bahwa mentornya tersebut telah meninggal. Kepala tongkat Ra ini pun dimiliki oleh Marion (Karen Allen), anak perempuan Ravenwood.

Tak lama, sekelompok tentara Nazi yang ingin merebut kepala tongkat Ra tersebut datang. Mereka ingin mendapatkan Tabut Perjanjian yang akan memperkuat tentara mereka.

Spielberg mengarahkan Raiders of the Lost Ark berdasarkan naskah yang ditulis oleh Lawrence Kasdan.

Pada ajang penghargaan Oscar 1982, film ini berhasil memenangkan piala dalam kategori Pengarah Seni Terbaik, Suara Terbaik, Editing Film Terbaik, Visual Efek Terbaik, dan Editing Suara Terbaik.

Steven Spielberg pun memperoleh penghargaa Sutradara Terbaik di ajang penghargaan Oscar setidaknya dua kali, dalam film Schindler’s List (1993) dan Saving Private Ryan (1998).

Mengutip IMDb, Raider of the Lost Ark mendapatkan penilaian 8,4 dari 10,0. Sementara itu, Rotten Tomatoes memberikan skor 95 persen dan skor penonton sebesar 96 persen.

Selama penayangannya, film ini telah mengantongi setidaknya 353,9 juta dolar AS dan 141,7 juta dolar AS di antaranya merupakan pendapatan internasional menurut catatan Box Office Mojo.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM RAIDERS OF THE LOST ARK atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight