Sinopsis Panggonan Wingit Film Baru XXI dan Jadwal Tayangnya

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 28 Nov 2023 15:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Panggonan Wingit segera tayang di bioskop XXI. Baca sinopsis lengkap film horor tersebut dan ketahui jadwal tayang Panggonan Wingit di Bioskop di sini.
tirto.id - Panggonan Wingit merupakan film horor Indonesia terbaru tentang sebuah kamar hotel yang terkenal angker. Film produksi Hitmaker Studios ini dijadwalkan rilis pada 30 November 2023 dan dapat ditonton di jaringan bioskop XXI.

Dalam bahasa Jawa, panggonan wingit bisa diartikan sebagai tempat angker atau tempat keramat. Cerita filmnya pun diangkat dari kisah nyata tentang hotel yang memang terkenal angker di daerah Semarang, Jawa Tengah.

Panggonan Wingit akan berkisah tentang kakak beradik bernama Raina dan Fey yang pindah ke Semarang untuk mengelola hotel warisan keluarga. Namun, Raina justru terancam bahaya setelah membuka kamar hotel yang dijuluki sebagai panggonan wingit.

Film ini menggandeng aktris Luna Maya sebagai pemeran utamanya. Sementara itu, proses produksinya melibatkan sutradara Guntur Soeharjanto yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan Luna Maya di film horor Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (2023).

Selain Luna Maya, Panggonan Wingit turut didukung oleh sejumlah artis Tanah Air yang namanya sudah tak asing di kalangan penikmat film.


Daftar Pemain Panggonan Wingit


Berikut daftar pemain film Panggonan Wingit beserta karakter yang diperankannya:

  • Luna Maya - Raina
  • Christian Sugiono - Ardo
  • Bianca Hello - Fey
  • Egy Fedly - Ki Danang
  • Firstriana Aldila - Menoer
  • Rafael Adwel - Baskara
  • Budi Ros - Garinto
  • Oce Permatasari - Suktini


Sinopsis Film Panggonan Wingit


Raina dan adiknya, Fey, memutuskan untuk pindah dari Jakarta ke Semarang. Tujuan mereka adalah untuk mengelola sebuah hotel bernama Ambar Mangun yang merupakan warisan keluarga.

Selama ini, Hotel Ambar Mangun dikelola oleh pasangan suami istri Garinto dan Suktini yang tak lain adalah kakek dan nenek Raina. Raina dan adiknya pun belum pernah berkunjung ke hotel itu sebelumnya.

Raina sendiri tak menyangka bahwa ia akan mengalami banyak hal aneh di hotel tersebut. Semua berasal dari sebuah kamar hotel tak bernomor yang ada di lantai tiga.

Kamar itu rupanya sudah lama dihuni oleh sosok gaib dan kerap disebut sebagai panggonan wingit. Kamar itu selalu tertutup dan dilarang dimasuki oleh siapa pun.

Apabila ada orang yang berani membuka pintunya, ia akan melihat sosok wanita berkulit dan berambut putih. Sosok itu akan mengucapkan “telung dino, tengah wengi” yang berarti “tiga hari, tengah malam”. Setelah itu, orang tersebut akan mati tiga hari kemudian, tepatnya saat tengah malam dalam kondisi mengenaskan.

Suatu malam, Raina yang mendengar tangisan dari lantai tiga akhirnya menuju kamar terlarang tersebut. Ia lantas membuka pintunya dan mulai mengalami kengerian.

Nyawa Raina pun terancam dan ia tak punya banyak waktu untuk menyelamatkan diri. Dibantu dengan Fey, kakek, nenek, dan mantan kekasihnya yang bernama Ardo, Raina berusaha mencari cara untuk lolos dari maut.

Trailer Film Panggonan Wingit




Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Film)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Ibnu Azis

DarkLight