Sinopsis Orangutan Jungle School, Dokumenter yang Tayang di Mola TV

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 11 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Orangutan Jungle School, film dokumenter yang tayang di Mola TV
tirto.id - Film dokumenter Orangutan Jungle School tayang di Mola Tv. Film ini adalah hiburan yang bisa dinikmati anak-anak dan keluarga. Di dalamnya sarat dengan cerita edukasi.

Film ini menceritakan soal orangutan di Borneo yang mendapatkan pendidikan khusus di penangkaran agar mampu bertahan hidup saat dilepaskan ketika dewasa.

Orangutan Jungle School mengambil latar di pusat penyelamatan hewan terbesar untuk orang utan. Di sana, para staf memberikan kepeduliannya terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak orangutan. Anak orangutan ini dididik agar mampu menyesuaikan diri dan akan dilepas ketika beranjak dewasa.

Film berbahasa Inggris ini mengambil gambar di Borneo atau Pulau Kalimantan, Indonesia. Saat ini sudah diproduksi untuk 2 musim dan tayang perdana di periode 2018-2019.

Total ada lima episode yang dibuat. Tiap episode memiliki durasi tayang 47 menit. Rating di IMDb nyaris mendekati sempurna yaitu 9,5 dari skor teratas 10.

Sinopsis Orangutan Jungle School

Dalam film dokumenter ini dikisahkan terdapat pusat penyelamatan yang merawat bayi hingga anak-anak orangutan yang terlantar. Sebagian mereka bahkan yatim piatu, sehingga dinilai kurang mampu untuk hidup sendiri di tengah hutan.

Para anak orangutan masuk ke penangkaran sampai mereka mulai memperlihatkan kemampuan untuk bertahan hidup. Pasalnya, hidup di tengah hutan jauh lebih keras. Selain mempekenalkan anak orangutan untuk beradaptasi, mereka juga harus mendapat pembekalan agar lebih kuat.

Untuk itulah mereka “bersekolah” dalam penangkaran. Mereka dilatih berbagai hal yang membuat mereka menjadi orangutan “sebenarnya”.

Serial ini juga menyajikan beberapa segmen saat menolong orangutan mengalami kesulitan. Tim pusat penyelamatan akan selalu merespon setiap panggilan darurat untuk menyelamatkan orangutan. Tidak peduli lokasinya di desa terpencil sekalipun, penanganan tetap dilakukan.

Sementara itu, di penangkaran ada salah satu orangutan yang gemar makan pisang dalam jumlah banyak. Dia dijuluki Beni. Di antara yang lainnya, Beni adalah pemegang rekor orangutan pelahap pisang terbanyak mengalahkan rekor yang pernah ada.

Namun di sela ketegangan dalam penyelamatan atau keceriaan di penangkaran, ada hal yang membuat haru. Itu akan dialami oleh para staf ketika harus melepaskan orangutan kembali ke hutan. Hubungan yang sudah terjalin lama dengan orangutan serasa membuat sulit dipisahkan.

Tetapi, orangutan harus tetap lestari di habitatnya. Usai melepas kepergian orangutan dewasa, akan ada lagi orangutan junior yang mesti dididik agar lulus. Inilah yang terus terjadi di sekolah hutan para orangutan.

Orangutan Jungle School dapat dinikmati kisah lengkapnya di Mola Tv. Nonton serial dokumenter ini asiknya ramai-ramai. Di dalamnya mengajarkan berbagai hal yang cukup menginspirasi dalam kehidupan.

Film ini menunjukkan bahwa manusia bisa hidup bersanding dengan para orangutan. Orangutan bukanlah musuh yang harus diburu dan dirusak habitatnya.


Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight