Daftar Film Animasi Indonesia yang Go International

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 7 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah film animasi buatan kreator asal Indonesia berhasil mendapatkan pengakuan di dunia dan diganjar penghargaan internasional.
tirto.id - Film animasi Indonesia tidak hanya jago kandang. Sebagian film animasi asal Indonesia tidak kalah bagusnya dari buatan luar negeri. Beberapa judul film di kategori bahkan diakui kualitasnya di level internasional.

Sebagian karya animasi buatan dalam negeri itu mendapatkan penghargaan di berbagai festival film, berkolaborasi dengan film kartun terkenal, hingga ditayangkan dalam acara khusus perfilman.

Sebut saja Si Juki The Movie. Tokoh utama si Juki alias Juru Hoki ini mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan karakter Spongebob Squarepants di film terbaru besutan Nickelodeon, The SpongeBob Movie: Sponge on the Run (2020). Film Spongebob ini tayang perdana pada tahun 2020.

Lain halnya dengan film Battle of Surabaya (November 10th). Film yang di dalam negeri kurang bergaung itu justru memenangkan tiga penghargaan internasional sekaligus. Film ini mengusung semangan perjuangan pahlawan dan dan patriotisme dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Untuk lebih detailnya, berikut daftar film animasi Indonesia yang berhasil go internasional:

Battle of Surabaya (November 10th) (2015)

Film Battle of Surabaya diproduksi oleh MSV Pictures. Film menceritakan petualangan anak 13 tahun penyemir sepatu bernama Musa. Dia memiliki semangat patriot dan cinta damai yang terbalut dalam nilai ketuhanan. Menjadi penyemir sepatu menurutnya kurang mengarah pada hal yang dia perjuangkan.

Suatu hari Musa beralih profesi menjadi kurir. Dia kurir istimewa karena menyampaikan surat-surat rahasia tentang strategi perang. Dari pekerjaannya itu, dia menjadi perantara untuk keberhasilan para penjuang republik.

Film yang mengadopsi sejarah peristiwa perang 10 November di Surabaya ini memperoleh tiga penghargaan internasional. Pengakuan datang dari International Movie Trailer Fetival 2013, Seoul International Cartoon & Animation Festival 2016, dan Filmmaker Festifal of World Cinema 2018.

Si Juki The Movie (2017)

Si Juki awalnya cerita komik. Komik ini mendapat tempat di hati sebagian masyarakat Indonesia. Lalu, hadirlah versi animasi Si Juki The Movie produksi Kumata Studio yang membuat tokoh Juki makin hidup.

Alkisah, si Juki awalnya adalah selebritis terkenal. Namun karena kesalahannya, dia lalu menjadi musuh masyarakat nomor wahid.

Suatu hari sebuah meteor akan jatuh dan mengancam wilayah Indonesia. Petualangan Juki pun dimulai karena seorang ilmuwan memintanya menghentikan meteor tersebut

Film Si Juki The Movie meraih penghargaan Piala Citra 2018. Si Juki juga “diajak” Spongebob dari Nickelodeon untuk main film bareng di The Spongebob Movie: Sponge on the Run yang rilis 2020.

Kiko and Friends (2016)

Film serial Kiko and Friends masih wara-wiri di sebuah stasiun tv nasional setiap minggu sampai saat ini. Ternyata, film kartun besutan MNC Animation ini pernah mendapatkan pengakuan di acara Asian Academy Creative Award 2019.

Kiko and Friends menceritakan kehidupan sehari-hari para hewan laut yang bermutasi. Mereka adalah Kiko si ikan mas koki, Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin, dan Poli si ikan cupang. Dalam petualangannya, Kiko dan teman-temannya kerap diganggu Karkus si ikan lele dan Pupus si ikan belut yang kadang memunculkan cerita lucu dan menegangkan.

Knight Kris (2017)

Knight Kris adalah film pendek berdurasi 15 menit garapan Viva Fabtasia Animation. Diceritakan, ada seorang anak laki-laki menemukan kuil rahasia di hutan. Dia menemukan keris lalu mendadak menjadi superhero harimau.

Hanya saja, bersamaan dengan itu bebas pula sang musuh, yakni Asura Murka yang terperangkap. Petualangan anak superhero tersebut pun dimulai.

Film ini telah berhasil mengikuti kompetisi tiga perhelatan film. Gelaran tersebut adalah Cartoon on Bay di Italia, London Independent Film Award di Inggris, dan Calcutta Film Festival di India.

Candy Monster (2020)

Candy Monster adalah film pendek 3D yang menceritakan kehidupan Chloe yang terus takut pada monster monster yang ingin mengambil permennya. Gadis 6 tahun itu menyimpan permen di toples, selain juga akan memakannya.

Dia sangat menyukai permen. Sampai-sampai, dekorasi kamar dan pakaiannya bermotif permen. Namun, dia khawatir monster akan mendapatkan semua permennya.

Film pendek ini garapan UMN Pictures. Candy Monster pernah ditayangkan pada Zlin Film Festival ke-60 di Ceko dan International Comic and Animation Festival 2020.

Kuku Rock You (2014)

Film ini buatan DGM Animation Studio. Pernah berhasil mendapatkan pengakuan di Japan Asiagrap 2008. Jika melihat filmnya, Kuku Rock You mirip film Shaun on the Sheep.

Film ini bercerita tentang sekumpulan ayam kampung yang ingin menjadi penyanyi rock. Mereka pun ingin go internasional. Namun, perjuangan ayam-ayam itu penuh dengan tantangan.


Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight