Sinopsis Knowing, Film Tentang Prediksi Kiamat yang Tayang Trans TV

Oleh: Sirojul Khafid - 9 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Knowing, film tentang prediksi kiamat bumi akan tayang di stasiun televisi Trans TV pada Sabtu (09/02/19) pukul 23.30 WIB.
tirto.id - Knowing, film tentang prediksi kiamat bumi akan tayang di stasiun televisi Trans TV pada Sabtu (09/02/19) pukul 23.30 WIB.

Film ini berlatar tahun 1959. Kisah berawal di sebuah sekolah yang sedang ada acara peresmian pembukaan. Semua murid diperintahkan untuk menggambar apa yang akan terjadi 50 tahun ke depan. Semua murid menggambar kecuali Lucinda (Lara Robinson). Dia malah menulis angka-angka yang tidak jelas juntrungannya.

Lucinda memang anak yang dikenal berbeda. Dia penyendiri dan tidak punya banyak teman. Semua kertas yang digunakan murid-murid untuk menggambar dimasukkan ke dalam kapsul waktu dan dikubur. Kapsul itu akan dibuka 50 tahun ke depan.

Tahun 2009, pada acara ulang tahun ke-50 sekolah, kapsul tersebut digali dan dibuka. Acara dihadiri oleh guru dan wali murid. Semua siswa mendapat jatah membuka kapsul waktu, termasuk Caleb Koestler (Chandler Canterbury), anak dari Prof. John Koestler (Nicholas Cage).

Koestler mendapat kertas yang ditulis Lucinda. Kosetler tidak mengetahui apa maksud kertas tersebut. Sampai pada suatu hari, tanpa sengaja John melihat kertas yang dibawa anaknya dari sekolah. Sebagai orang yang suka matematika, dia mencoba memecahkan angka-angka yang ada di kertas. John merasa terkejut melihat rahasia angka yang ternyata terjadi dalam rentang waktu-waktu dekat, seperti Bom WTC dan Badai Katrina.


Saat dibongkar lebih dalam, ada beberapa prediksi dari angka itu yang belum terjadi, salah satunya kecelakaan pesawat yang mengorbankan ratusan jiwa. Tidak lama setelahnya, terjadinya kecelakaan pesawat dengan jumlah korban yang sama dengan prediksi.

John mencari Lucinda untuk bisa mengetahui latar belakangnya. Sayangnya Lucinda sudah meninggal dan John hanya berhasil menemukan anak Lucinda, Diana Wayland (Rose Byrne) yang tinggal bersama putrinya Abby (Lara Robinson). John menjelaskan maksud kedatangannya. Wayland menganggap John sama gilanya dengan ibunya. Namun setelah penjelasan dan kejadian yang sesuai prediksi, Wayland percaya.

John dan Wayland ingin mencegah korban yang mungkin berjatuhan dari kejadian yang sudah diprediksi. Termasuk kehancuran dunia dari Badai Matahari. Di saat yang sama, mereka harus menjaga anak mereka yang sedang diincar alien. Para alien akan membawa anak-anak di bumi, hanya anak-anak, untuk diselamatkan dari Badai Matahari menuju planet yang beluma ada penghuninya.

Film karya sutradara Alex Proyas serta penulis Alex Proyas, Juliet Snowden, Stiles White, Ryne Douglas Pearson, dan Stuart Hazeldine ini tayang perdana pada 20 Maret 2009. Berdurasi 121 menit, Knowing berada dalam naungan studio produksi Summit Entertainment.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 183 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sejumlah 103 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 4,7 dari 10. Sementara penonton memberi skor 3,1 dari 5. Situs IMDb memberi skor 6,2 dari 10.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - )

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight