Sinopsis Film The Lord of the Rings: The Return of the King TransTV

Kontributor: Yunita Dewi & Yunita Dewi - 24 Jun 2022 11:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) yang tayang di Bioskop Trans TV malam ini.
tirto.id - Bioskop Trans TV malam ini, Jumat (24/06/2022) bakal menayangkan film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003). Film ini kembali membawa Elijah Wood sebagai pemeran utamanya dan akan hadir pukul 21.30 WIB.

The Lord of the Rings: The Return of the King merupakan film terakhir dari trilogi film The Lord of The Rings yang akan melanjutkan kisah Frodo yang harus menghancurkan cincin Sauron di Mount Doom. Film ini juga berfokus pada kembalinya Aragorm sebagai Raja Gondor.

Film The Lord of the Rings: The Return of the King ditayangkan pertama kali di Embassy Theatre pada 1 Desember 2003, dirilis di Amerika serikat pada 17 Desember 2003 dan di New Zealand pada 18 Desember 2003. Film ini berada di bawah naungan rumah produksi dari New Line Cinema dan WingNut Films.

Selain Elijah Wood, film aksi fantasi ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal lainnya seperti Ian McKellen, Liv Tyler, Viggo Mortensen, Sean Astin, Cate Blanchett, John Rhys-Davies, Bernard Hill, Bily Boyd, Dominic Monaghan, Orlando Bloom, Hugo Weaving, dan Miranda Otto.

Sinema yang didistribusikan oleh New Line Cinema ini disutradarai oleh Peter Jackson sekaligus menjadi penulis naskah skenario bersama Fran Walsh dan Philippa Boyens berdasarkan novel yang berjudul sama karya J.R.R. Tolkien yang terbit pada 1995 silam.

Sebelumnya Peter Jackson berhasil menggarap sejumlah film di antaranya Meet the Feebles (1989), The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring (2001), The Lord of the Rings: The Two Towers (2002), King Kong (2005), dan The Lovely Bones (2009).

The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) berhasil memenangkan 209 penghargaan dan memperoleh 124 nominasi penghargaan lainnya. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya pada ajang Academy Awards 2004 (Oscar) dengan kategori Best Picture, Best Director, Best Film Editing, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Makeup, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects.

Selain itu, film yang berdurasi 201 menit ini juga memenangkan penghargaan pada ajang Academy od Science Fiction, Fantasy & Horror Films 2004 dengan kategori Best Fantasy Film, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Direcrot, Best Writing, Best Music, Best Make Up, dan Best Special Effects.


The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) di situs film IMDb bertengger di skor tinggi yakni 9/10 poin berdasarkan lebih dari 1,8 juta suara. Sementara itu, Rotten Tomatoes juga memberikan rating yang tinggi yakni mencapai 93 persen dengan skor audiens 86 persen.

The Lord of the Rings: The Return of the King menjadi salah satu film yang menerima kritik terbanyak dan merupakan tersukses di box office sepanjang masa. Box Office Mojo mencatat, film ini berhasil meraup pendapatan global yang fantastis, yakni mencapai 1,148 miliar dolar AS dari total anggaran 94 juta dolar AS selama penayangannya.


Sinopsis Film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)


Film ini berlatar pada masa kedua di dunia Middle Earth yang dihuni oleh peri, kurcaci, elf, orc, hobbits, penyihir, manusia, dan makhluk lainnya.

Frodo Baggins (Elijah Wood) masih berjuang untuk menghancurkan cincin berkekuatan magis demi menyelamatkan dunia dari sang raja kegelapan, Sauron (Sala Baker). Cincin tersebut hanya bisa dimusnahkan di Mount Doom.

Ketika menuju Mount Doom, Frodo dan sahabatnya Samwise Gamgee (Sean Astin) terpisah dari rombongan. Sam tidak percaya sepenuhnya dengan Gollum yang mengantar mereka menuju Mount Doom.

Sam beranggapan bahwa Gollum hanya memanfaatkan kesempatan untuk mengambil cincin dari mereka dan akan membunuh mereka berdua. Sedangkan, Frodo percaya sepenuhnya kepada Gollum. Perbedaan tersebut kerap membuat mereka bertengkar.

Sam menganggap bahwa Frodo sudah dikuasai oleh kekuatan gelap dari cincin yang dibawanya. Hingga akhirnya Sam memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan bersama Frodo.

Frodo tetap melanjutkan perjalanan ditemani Gollum. Ternyata, Gollum justru membawanya ke sarang laba-laba raksasa.

Di sisi lain, Gandalf (Sir Ian Mckellen) dan para elf menghadapi kekuatan mengerikan dari Sauron. Mereka berusaha mengalihkan perhatian Sauron dari Frodo yang sedang berusaha menghancurkan cincin.

Perang besar pun tak dapat terhindarkan. Nasib mereka semua hanya ditentukam oleh Frodo yang membawa cincin tersebut.

Lantas, apakah Frodo berhasil menghancurkan cincin berkekuatan magis tersebut? Kemudian, akankah Middle Earth dapat terselamatkan?
Saksikan kisah selanjutnya dalam film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) di Bioskop Trans TV pada pukul 21.30 WIB mendatang.


Trailer Film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)


Baca juga artikel terkait BIOSKOP TRANS TV atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yunita Dewi, Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight