Sinopsis Film Korea Arang di Trans7: Kuak Kasus 10 Tahun Lalu

Oleh: Maria Ulfa - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film Arang akan tayang malam ini pukul 21.30 WIB di K-Movievaganza Trans7.
tirto.id - Film Korea berjudul Arang akan tayang malam ini, Kamis (30/7/2020) pukul 21.30 WIB di K-Movievaganza Trans7.

Arang ditulis dan disutradarai oleh Ahn Sang Hoon, dan bekerja sama dengan penulis lainnya, seperti Jung Sun Joo dan Lee Sung Seob. Ahn Sang Hoon adalah sineas di balik pembuatan film Empire of Lust (2015) dan Blind (2011).

Sinopsis Film Arang

Film ini menceritakan tentang seorang detektif polisi So Young (Song Yoon Ah) yang baru saja kembali bertugas setelah beberapa waktu menjalani suspensi.

Usai kembali, So Young diminta menyelidiki kasus misterius bersama seorang detektif polisi pemula, Hyun Ki (Lee Dong Wook).

Kasus tersebut tentang korban yang meninggal karena zat asam keluar dari tubuhnya. Satu-satunya petunjuk yang harus diselidiki adalah e-mail yang dikirimkan seseorang kepada korban sebelum ia meninggal.

Akan tetapi, tak lama setelah itu, korban lain pun berjatuhan dan meninggal dengan cara yang sama. Usut punya usut, kasus kematian tersebut tampaknya memiliki hubungan dengan kematian seorang gadis 10 tahun lalu.

Film ini disebut-sebut terinspirasi dari sebuah legenda tentang Arang di Korea Selatan. Sekitar 400 tahun lalu terdapat seorang hakim bernama Arang di sebuah desa yang dibunuh secara misterius. Itulah mengapa tidak ada hakim baru yang berani bertugas di desa tersebut.

Hingga akhirnya, muncul hakim baru dan bertugas di desa itu. Namun, hakim baru tersebut menemukan bahwa terdapat roh Arang yang ingin melakukan balas dendam karena ternyata ia tewas setelah dibunuh dan diperkosa.

Hakim itu lantas membantu roh Arang menangkap pelaku dan membawanya ke pengadilan. Setelah itu, jasad Arang pun ditemukan dan setelah itu ia dikuburkan secara layak.

Menurut legenda tersebut, jasad Arang tidak membusuk selama bertahun-tahun karena perasaan bencinya yang sangat kuat.

Film horor ini telah dirilis di Korea Selatan pada 28 Juni 2006 dan berhasil menggaet lebih dari 950 ribu penonton dengan pendapatan mencapai 4,7 juta dolar Amerika. Arang sendiri diproduksi dengan biaya hingga 3 juta dolar Amerika.

Selain Song Yoon Ah dan Lee Dong Wok, film ini juga dibintangi oleh deretan aktor ternama lainnya, seperti Lee Jong Soo, Kim Ok Bin, Choo So Young, Jung Won Joong, Im Joo Hwan, Song Chae Yoon, Kim Hae In, dan masih banyak lagi

Film berdurasi 97 menit ini didistribusikan oleh Lotte Entertainment dan berhasil tayang di 181 layar bioskop di sejumlah negara Asia, seperti Hong Kong, Taiwan dan Thailand.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight