Sinopsis Film Gila Lu Ndro, Ingin Mengkritik Tanpa Menyakiti

Oleh: Yulaika Ramadhani - 13 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Film Gila Lu Ndro menceritakan tentang alien yang menyambangi bumi dengan harapan bisa menemukan kedamaian di bumi dan membawa kedamaian itu pulang ke planetnya
tirto.id - Film baru berjudul Gila Lu Ndro tayang di bioskop tanah air hari ini, kamis, 13 September 2018.

Film bergenre komedi dari sutradara Herwin Novianto ini mempertemukan kembali Indro Warkop dan Tora Sudiro. Film Gila Lu Ndro dimulai ketika Indro (Tora Sudiro) yang dimarahi istrinya karena pulang ke rumah terlalu malam.

Guna meredam kemarahan sang istri, Indro menceritakan alasannya bahwa ia pulang terlambat karena bertemu dengan Alien (Indro Warkop) yang sedang berkunjung ke Bumi.

Alien ini menyambangi bumi dengan harapan bisa menemukan kedamaian di bumi dan membawa kedamaian itu pulang ke planetnya yang senantiasa diwarnai keributan, kesenjangan, dan masalah-masalah sosial lainnya.

Perjalanan satu hari Indro bersama Al (Alien) akan membawa penonton berkeliling kota Jakarta untuk mencari arti kedamaian dan kebahagiaan yang dapat Al bawa ke planetnya. Sepanjang perjalanan itulah kita disuguhi berbagai macam kejadian yang menyadarkan Al bahwa banyak sekali masalah yang ada di planetnya juga terjadi di Bumi.


Mengenai komedi dalam film, Indro mengungkapkan film ini berusaha mengkritik orang tanpa membuat orang tersebut marah.

"Kita mau mengkritik orang tanpa membuat orang marah," kata Indro Warkop saat berbincang dalam acara pemutaran perdana film Gila Lu Ndro di Epicentrum, Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Meskipun bergenre komedi, namun menurut Indro Warkop, penggarapan film ini tidak sembarangan.

"Ini film komedi tapi kita kerjainnya serius abis," ujar Indro Warkop.

Kekuatan film ini selain akting dari kedua tokoh utamanya, yaitu sajian komedi satir yang menghiasi beberapa adegannya. Bisa dibilang film ini sukses menyampaikan kritik sosial dengan cara yang menghibur.

Selain Tora dan Indro Warkop, film ini juga dimeriahkan oleh Mieke Amalia, Yuriko Anggeline, Zulfa, Deswita Maharani, Tarzan, Bedu, dan sederet nama komika Indonesia.

Di luar itu, Indro juga mengatakan film ini mengingatkannya pada almarhum Dono, karena semasa hidup dulu, Dono memiliki cita-cita untuk membuat film komedi satir, seperti yang ditawarkan film Gila Lu Ndro.

"Dono itu bercita secara tematik bikin film bertema satir. Alhamdulillah ini bisa tercapai," ucap Indro "Warkop" saat berbincang seusai pemutaran perdana film "Gila Lu Ndro" di Epicentrum, Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Tora Sudiro yang sebelumnya memainkan pria dengan nama yang sama juga menjelaskan, film ini bukan bagian dari “Warkop DKI Reborn”. Film ini memang bercerita tentang seorang pria bernama Indro, kebetulan Tora didapuk untuk memerankan tokoh tersebut.

"Enggak ada, enggak (hubungan dengan Warkop). Ini film saya bukan proyek Warkop. Kebetulan Tora Sudiro bisa memerankan seperti apa yang diskenariokan di sini, gitu lah kira-kira. Tora itu bukan Indro Warkop. Entah Indro siapa di sini," terang Indro saat berbincang di Jakarta, dilansir Antara.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight