Sinopsis Film 1917: Drama Tragis Tentang Perang Dunia I

Oleh: Sirojul Khafid - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis 1917 tentang misi mustahil 2 prajurit muda Inggris pada Perang Dunia pertama. Berikut ulasan singkat film ini.
tirto.id - Sinopsis film 1917 bercerita tentang kisah Schofield dan Blake, 2 prajurit muda Inggris yang menerima misi mustahil dari komandannya. Mereka berlomba melawan waktu untuk menuntaskan misi tersebut.

1917 adalah film drama perang dari Inggris yang disutradarai oleh Sam Mendes. Naskah film ini ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns.

Latar waktu 1917 bertepatan dengan Perang Dunia I, sesuai tahun pada judul. Film 1917 menceritakan tentang dua orang prajurit muda dari Inggris, Schofield (George MacKay) dan Blake (Charles Chapman), yang ditugaskan untuk menyampaikan pesan untuk mencegah lebih banyak tentara gugur.

Sinopsis Film 1917


Kisah di film ini penuh adegan perang yang berlomba melawan waktu. Mereka harus melintasi wilayah musuh dan menyampaikan pesan untuk menghentikan serangan yang dapat merenggut ratusan tentara Inggris yang mana terdapat saudara kandung Blake di antara mereka.

"Tugas kalian untuk mengirim pesan yang membatalkan serangan besok. Jika tidak, kami akan kehilangan 1.600 pria, saudaramu di antara mereka," kata karakter dalam film itu.

Tugas tersebut dianggap mustahil karena mengharuskan kedua tentara itu untuk melewati daerah teritorial musuh.

Dalam trailer itu menampilkan berbagai serangan brutal yang mengancam nyawa ribuan tentara di medan perang. Trailer ini dipenuhi dengan ledakan, tembakan, dan mayat-mayat yang berjatuhan, bisa jadi penanda bahwa film ini akan memperlihatkan adegan-adegan kekerasan di sepanjang film.

Selain pemain di atas, ada pula Benedict Cumberbatch, Mark Strong, Andrew Scott, Richard Madden, Claire Duburcq, Colin Firth, Jamie Parker, Nabhaan Rizwan, Adrian Scarborough, dan Daniel Mays. Film 1917 berada dalam arahan Sam Mendes dengan Krysty Wilson-Cairns membantu dalam hal penulisan naskah.

Dalam ajang Golden Globe ke-77 tahun 2020, 1917 memenangkan penghargaan dalam kategori Film Terbaik atau Best Motion Pictures – Drama. Dalam ajang itu, film Mendes tersebut mengalahkan nominasi lain seperti The Irishman, Joker, Marriage Story, dan The Two Popes.

Tahun ini, 1917 juga merupakan nominasi Oscar untuk beberapa kategori seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Penulis Naskah Asli Terbaik. Sebelumnya, Mendes pernah mendapatkan penghargaan Oscar tahun 2000 sebagai Sutradara Terbaik melalui filmnya berjudul American Beauty.

Di luar 1917 dan American Beauty, beberapa karya lain Mendes di antaranya Spectre (2015), Skyfall (2012), Away We Go (2009), dan Road to Perdition (2002).


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight