Sinopsis Dolittle: Film Petualangan Fantasi Robert Downey Jr

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 16 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Dolittle yang tayang bioskop mulai 15 Januari 2020
tirto.id - Film petualangan komedi berjudul Dolittle yang baru saja rilis di Indonesia pada Rabu (15/1/2020).

Film ini menceritakan seorang dokter hewan yang memiliki kemampuan untuk memahami bahasa hewan dan mampu berkomunikasi dengan hewan.

Film yang berdurasi 1 jam 41 menit ini merupakan karya sutradara Stephen Gaghan. Ide cerita diangkat dari sebuah buku berjudul The Voyages of Doctor Dolittle karya Hugh Lofting. Tidak hanya itu, film ini juga merupakan reboot dari film Dr. Dolittle (1998).

Robert Downey Jr. memainkan peran utama bersama dengan aktor lain seperti Antonia Banderas dan Michael Seen.

Ada pula aktor dan aktris lain yang menjadi pengisi suara dari hewan-hewan yang berkomunikasi dengan dokter Dolittle seperti Emma Thompson yang memerankan burung macaw, Tom Holland sebagai anjing, Rami Malek sebagai gorilla, John Cen sebagai beruang kutub, Octavia Spencer sebagai bebek, Kumail Nanjiani yang mengisi suara pada burung unta, Selena Gomez pada jerapah dan terakhir Marion Cotillard yang mengisi suara seekor rubah.

Film dengan latar belakang Inggris pada abad ke-19 ini cocok dinikmati untuk semua golongan umur. Humor yang dibawakan dapat menjadi sumber tertawa baik untuk anak-anak, remaja, maupun para orang tua.

Kelompok hewan baik teman maupun lawan, menjadi sumber hiburan dan karakter yang cukup kuat dalam membangun ide cerita di film ini. Mereka membantu dokter Dolittle untuk menjaga reputasinya sebagai dokter yang handal.

Sinopsis Film Dolittle

Dokter hewan John Dolittle hidup menyendiri setelah kehilangan istrinya yang wafat tujuh tahun yang lalu. Dolittle menutup klinik yang awal mulanya selalu terbuka baik untuk manusia maupun hewan. Ia memilih menyendiri seperti manusia gua dan hidup bersama dengan hewan-hewan peliharaannya yang eksentrik di balik tembok tinggi Dolittle Manor.

Suatu hari, sang Ratu muda Victoria (Jessie Buckley) menderita sakit parah. Dolittle yang tidak memiliki motivasi apapun dengan terpaksa mencari obat untuk sang ratu dan berlayar menuju ke sebuah pulau yang penuh mitos. Dalam petualangannya, ia sekaligus mendapatkan kembali kecerdasan dan keberaniannya.

Tidak hanya itu, ia harus menghadapi bajak laut ganas (Antonio Banderas) beserta hewan-hewan peliharaannya. Musuh bebuyutannya di masa lalu, seorang dokter dari kerajaan Blair Mudfly (Michael Seen) juga menjadi penghalangnya dalam petualangannya mencari obat.

Dalam pencariannya, ia didampingi oleh seorang anak magang yang ia tunjuk sendiri yang diperankan oleh Harry Collet. Juga, kelompok hewan eksentrik miliknya yang di dalamnya terdapat seekor gorilla yang mudah panik (Rami Malek), bebek (Octavia spencer), duo burung unta sinis (Kumail Nanjiani), burung kutub yang optimis (John Cena), dan burung beo keras kepala (Emma Thompson).


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight