Sinopsis Devil's Knot: Film Kriminal yang Tayang di Mola TV

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 29 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Devil's Kno, film Kriminal yang tayang di Mola TV dan dibintangi oleh Colin Firth dan Reese Witherspoon.
tirto.id - Devil's Knot berkisah tentang tiga anak berusia 8 tahun dibunuh dan diduga terkait aksi pemujaan setan di West Memphis.

Film kriminal yang diangkat dari kisah nyata, Devil's Knot, sudah bisa disaksikan di Mola TV.

Plot cerita Devil's Knot menceritakan pembunuhan terhadap tiga pemuda yang dilakukan oleh tiga pemuda lainnya saat melakukan pemujaan setan. Para pelaku yang kejam itu disebut West Memphis Three.

Pelaku pembunuhan yang bernama Eechols, Baldwin, dan Misskelley mendapatkan ganjaran sepadan.

Echols dijatuhi hukuman mati, sementara dua temannya divonis penjara seumur hidup. Meski demikian, mereka akhirnya dibebaskan setelah menjalani hukuman penjara 18 tahun.

Film Devil's Knot dibintangi oleh Colin Firth, Reese Witherspoon, Mireille Enos, Dane DeHaan, Kevin Durand, Bruce Greenwood, Stephen Moyer, Elias Koteas, Amy Ryan, dan Alessandro Nivola.

Film ini ditayangkan perdana pada Festival Film Internasional Toronto 2013, 8 September 2013. Selanjutnya, Devil's Knot dirilis di bioskop mulai 9 Mei 2014 di Amerika Serikat.

Film dengan durasi 1 jam 54 menit ini disutradarai Atom Eyogan dengan penulis Paul Harris Boardman dan Scott Derrickson.

Rating Devil's Knot di IMDb membubuhkan skor 6,1 dari 10 oleh 20.201 penilai. Selama masa tayangnya, Box Office Mojo mencatat, pendapatan globalnya lebih dari 2 juta dolar AS.

Sinopsis Devil's Knot


Dikisahkan pada tahun 1993 silam, ada tiga anak berusia 8 tahun yang dinyatakan hilang. Mereka adalah Stevie Branch, Christopher Byers, dan Michael Moore Semuanya tergabung dalam komunitas relijius di West Memphis, Arkansas, Amerika Serikat.

Setelah dilakukan pencarian intensif, sehari kemudian tubuh mereka ditemukan dalam keadaan mengerikan. Mereka diikat dan tampak tanda-tanda dipukuli.

Polisi dan masyarakat meyakini hal tersebut dilakukan untuk pemujaan setan karena kejahatan dipenuhi sifat kekerasan dan pelecehan seksual.

Tidak menunggu waktu lama, polisi dapat membekuk pelaku sebulan kemudian. Tiga pelaku ditangkap yaitu Damien Echols, Jason Baldwin, dan Jessie Misskelley Jr. Mereka ketahuan setelah Misskelley mengaku melakukan pembunuhan usai 12 jam diinterogasi.

Para pelaku lalu dimejahijaukan. Dalam persidangan, Ron Lax yang menjadi pembela terdakwa, memandang ada kesalahan penanganan yang dilakukan polisi. Polisi dinilainya juga menyembunyikan bukti pada kasus itu.

Beberapa hal yang dianggap Lax janggal antara lain darah yang hilang, penampakan pria berlumuran darah yang tidak teridentifikasi, pengakuan pembunuhan dari pria bernama Chris Morgan, hingga lumpur yang ada di sebuah restoran di dekat lokasi pembunuhan pada malam saat korban dibunuh.

Tapi, jaksa penuntut juga memiliki saksi pendukung yang kuat kesaksiannya. Saksi utama mengaku melihat pembunuhan dan dipaksa minum darah korban. Saksi selanjutnya juga mengaku telah mendengkar pengakuan dari tersangka Echolls.

Di lain hari ibu dari dari Stevie, Pam Hobbs, justru curiga jika pembunuhan dilakukan oleh Terry yang merupakan ayah tiri Stevie.

Kecurigaan itu muncul ketika Hobbs melihat pisau Swiss Army milik Terry ada di kotak perkakas. Hobbs lalu menyampaikan hal ini ke Lax dan meninggalkan Terry beberapa waktu kemudian.

Hobbs meyakini dalam hati jika klien Lax tidak bersalah. Pada persidangan terakhir, hakim menjatuhkan vonis mati untuk Echolls dan seumur hidup bagi Baldwin dan Misskelley. Namun, 18 tahun kemudian, dilakukan persidangan baru buat mereka.

Apa hasil persidangan baru pada Agustus 2011 itu? Simak kisah lengkap Devil's Knot di Mola TV.



Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dhita Koesno
DarkLight