Setelah mengarahkan film Prancis berjudl Truth, sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda kembali dengan menahkodai film berbahasa Korea berjudul Broker. Film ini merupakan film dengan jajaran pemain Korea Selatan.

Film Korea Broker menampilkan aktor papan atas seperti Song Kang-ho (Parasite), Bae Doona (Cloud Atlas, The Host), Kang Dong-won (Train to Busan Presents: Peninsula), dan IU alias Lee Ji-eun.

Sutadara Hirokazu Kore-eda mengatakan film drama terbarunya Broker merupakan proyek impian yang menjadi kenyataan sejak lama.

"Saya sangat senang bahwa saya telah menyelesaikan proyek, yang merupakan impian lama saya," katanya melalui seorang penerjemah selama konferensi pers secara daring, dikutip dari Yonhap. Broker turut menggandeng sinematografer Hong Kyung-pyo (Parasite, Burning).



Sinopsis Film Broker, Karya Hirokazu Koreeda

Film Broker berpusat pada sebuah "kotak bayi", di mana orang tua yang tidak dapat menghidupi bayi mereka secara anonim menyerahkannya kepada orang lain.

"Ini cerita seputar kotak bayi. Kudengar Korea juga punya tempat serupa untuk bayi yang baru lahir. Cerita dimulai dengan seorang bayi tertinggal di dalam kotak, dan orang-orang yang berniat baik dan jahat terjerat di sekitar bayi itu," kata Kore-eda.

"Broker" merupakan proyek film berbahasa Korea pertama yang digarap Kore-eda. Broker menjadi karya kedelapan Kore-eda yang diundang ke festival Cannes, lainnya termasuk Shoplifters yang memenangkan penghargaan Palme d'Or pada tahun 2018.

Sutradara Jepang itu juga bekerja sama dengan para kru yang pernah terlibat dalam film Parasite, termasuk pengarah fotografi Hong Kyung-pyo dan komposer Jung Jae-il.

Sementara itu, Kore-eda mengungkapkan bahwa rencana untuk produksi Broker dimulai sekitar lima tahun yang lalu.

"Seperti biasa, semuanya dimulai dengan para aktor. Saya pertama kali bertemu Song Kang Ho di Festival Film Internasional Busan dan Kang Dong Won ketika dia berada di Tokyo untuk bekerja. Saya terus berhubungan dengan dua aktor tersebut di Tokyo, Seoul, Busan, dan Cannes," ungkap Kore-eda.

"Pada awalnya, kami hanya saling bertukar sapa, tetapi saat kami terus berbagi percakapan, tentu saja hal itu membuat kami berbicara tentang mengerjakan sebuah film bersama," imbuhnya.

Ia menambahkan, dirinya pernah bekerja dengan Bae Doona pada tahun 2009, dan ia berharap untuk dapat bekerja sama lagi dengan Bae.

"Dan mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan lebih dari 10 tahun kemudian. Dan sekarang saya akan mengerjakan film dengan anggota kru dan aktor Korea yang sangat saya hormati," kata sutradara Still Walking (2008) tersebut.

Kore-eda mengatakan, dirinya sangat bersemangat untuk berbagi kegembiraan ini dengan para penonton nantinya. "Saya berharap dapat membuat film yang mendebarkan, menghangatkan hati, dan emosional," katanya.

"Film ini, seperti film terbaru saya, akan menjadi film di mana saya terpisah dari negara asal dan bahasa ibu saya. Apa yang dapat saya ungkapkan dan bagikan saat kita mengatasi hambatan bahasa dan budaya? Apa artinya menjadi sutradara? Saya berharap untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan itu melalui proyek ini," tambah dia.

"Film-film Korea-eda biasanya dimulai dengan nada dingin tetapi diakhiri dengan humanisme yang hangat. Namun, kali ini, kehangatan didahulukan dan hati yang dingin mengikuti selanjutnya untuk menggambarkan masyarakat dengan cara yang lebih objektif," kata aktor utama di film ini, Song Kang Ho.