Sinopsis Ave Maryam: Film Kisah Cinta Terlarang Romo & Biarawati

Penulis: Sirojul Khafid, tirto.id - 7 Jun 2022 14:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Ave Maryam bercerita tentang kisah cinta terlarang antara seorang biarawati dan romo. Berikut selengkapnya.
tirto.id - Sinopsis Ave Maryam akan menceritakan kisah tentang pergulatan batin biarawati dan romo, antara tugas dan cinta. Kehidupan para biarawati jarang sekali diekspos dalam sebuah film, namun sutradara Ertanto Robby dengan berani mengangkatnya melalui film Ave Maryam.

Secara garis besar, Ave Maryam adalah film cinta tapi bukan percintaan biasa. Ertanto meletakkan fokusnya pada pergolakan batin seorang suster yang penting untuk diketahui dalam kehidupan sehari-hari mereka, antara menaati janji atau mengikuti hasrat hati.

Film ini telah lebih dulu diputar di Cape Town Film Festival 2018, Hanoi Film Festival 2018, Hongkong Asian Film Festival 2018, Jogja-NETPAC 2018 dan telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 11 April 2019 silam.



Sinopsis Ave Maryam

Sekitar tahun 1998, hiduplah Suster Maryam (Maudy Kusnaedi), 39 tahun, seorang biarawati di daerah Semarang.

Suster Maryam bertugas mengurus biarawati-biarawati tua di sebuah gereja. Menjelang ulang tahunnya yang ke-40, Suster Maryam berusaha untuk semakin memurnikan diri.

Suatu malam, Romo Martin (Joko Anwar) berkunjung ke asrama kesusteran yang dipimpin oleh suster Mila (Olga Lydia), tempat yang sama dengan suster Maryam beraktifitas.

Romo Martin memperkenalkan Romo Yosef (Chico Jerikho) dan Suster Monic (Tutie Kirana) yang akan menetap di kota tersebut.

Kehadiran Romo Yosef, yang juga pandai bermain musik, membuat Suster Maryam jatuh hati. Karena cinta adalah hal yang terlarang bagi mereka, hubungan dilakukan secara diam-diam.

Hubungan tersebut bukannya tidak diketahui orang lain, Suster Monic, Suster yang sudah senior menasihati Romo Yosef untuk membuang perasaan cinta itu. Tapi apa daya, perasaan cinta keduanya sudah semakin kuat.

Begitupun dengan Maryam. Sejak jalinan asmara dengan Romo Yosef, dia mulai kesulitan dalam mengurus biarawati-biarwati tua yang menjadi tugasnya. Dia juga sering pulang terlambat dan melewatkan tugasnya yang lain.

Sekarang, pilihan ada pada Suster Maryam dan Romo Yosef. Apakah akan tetap setia pada pengabdiannya? Ataukah memilih cinta yang ada di depan mata?

Pemain lain yang ikut bergabung yaitu Natalia Angela. Ave Maryam merupakan film karya sutradara dan penulis Robby Ertanto. Film ini berada dalam naungan studio produksi Summerland.

Sebelum rilis di bioskop-bioskop Indonesia, Ave Maryam telah tayang pada Hanoi International Film Festival 2018, Hong Kong Asian Film Festival 2018, Seleksi resmi The Cape Town International Film Market and Festival 2018, Jogja-Netpac Asia Film Festival ke-13 dan Netpac-Geber Awards.


Baca juga artikel terkait AVE MARYAM atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight