Siaran Langsung Final Thomas Cup 2022: Indonesia vs India di MNCTV

Kontributor: Beni Jo - 15 Mei 2022 09:25 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal siaran langsung Indonesia vs India dalam final Thomas Cup 2022 digelar mulai pukul 13.00 WIB, pada Minggu, 15 Mei 2022.
tirto.id - Siaran langsung pertandingan final Thomas Cup 2022 antara Indonesia vs India dapat ditonton melalui tayangan MNCTV. Duel puncak turnamen badminton putra itu digelar pada Minggu, 15 Mei 2022, mulai pukul 13.00 WIB, di Impact Arena, Nonthaburi, Bangkok, Thailand.

Indonesia akhirnya lolos laga final Thomas Cup untuk kedua kali secara berturut-turut. Pada edisi 2020 yang digeber di Aarhus, Denmark, Tim Merah Putih kala itu menang 3-0 atas China sekaligus menggenapi gelar Piala Thomas menjadi 14 kali.

Jonatan Christie dan kawan-kawan kini kembali hadir di laga puncak dan akan meladeni tantangan India. Artinya, Indonesia berpeluang mempertahankan gelar dan bisa membawa piala ke-15 kali sepanjang hajatan Thomas Cup.

Pada ajang tersebut, Indonesia termasuk salah satu raja-nya sebagai pemilik gelar terbanyak. Tim Merah Putih berada di peringkat pertama dengan koleksi 14 Piala Thomas. Sedangkan posisi kedua ialah China 10 gelar diikuti Malaysia dengan 5 trofi.

Selain Indonesia, China, Malaysia, hanya terdapat Denmark dan Jepang saja yang pernah finis sebagai juara. Kedua negara tersebut masing-masing menyabet piala sekali.

Sementara India sebagai calon penantang merupakan debutan di final Piala Thomas. Tim asal Asia Selatan tersebut baru kali ini lolos laga puncak dan berpeluang mengangkat piala perdana andai bisa melewati hadangan Indonesia.

Di atas lapangan, Indonesia berpeluang menurunkan Anthony Sinisuka Ginting yang tampil sebagai tunggal putra pertama seperti laga-laga sebelumnya. Atlet asal Cimahi peringkat 9 dunia itu bisa saja meladeni Lakshya Sen, pemain tunggal putra India yang sedang menduduki peringkat nomor 1 dunia.

Sebagai ganda putra pertama, Merah Putih dapat kembali memainkan pasangan baru Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya. Pada semifinal, Ahsan/Kevin menjadi salah satu penentu kemenangan setelah unggul tiga set atas pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, lewat skor 22-20, 8-21, dan 24-22

Pada duel final mendatang, Ahsan/Kevin berpotensi meladeni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, ganda putra India peringkat 4 dunia.

Untuk tunggal putra kedua, Jonatan Christie yang kini menduduki peringkat 2 dunia bisa bertemu dengan Kidambi Srikanth, andalan India yang duduk sebagai peringkat 4 dunia. Duel ini diprediksi berjalan cukup sengit lantaran melibatkan dua pemain yang menghuni 5 besar dunia.

Selanjutnya, duet Fajar Alfian/Muhammad Rian berpotensi melawan Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala. Fajar Rian merupakan pasangan peringkat 5 dunia dan bakal berduel dengan ganda putra India yang tepat berdiri di bawahnya, yakni berperingkat 6.

Terakhir, alias tunggal putra ketiga, Shesar Hiren Rhustavito berkesempatan kembali turun sebagai pahlawan Indonesia. Usai mengalahkan Kodai Naroaka sekaligus memastikan langkah kemenangan 3-2 atas Jepang, Rhustavito kini bisa menunjukkan tajinya andai final mendatang berlangsung hingga pertandingan kelima.

"Saya berharap bisa bermain maksimal jika dipanggil lagi. Saya akan siap tetapi saya lebih suka kami menyelesaikan pertandingan lebih awal dan saya tidak bermain," tutur Rhustavito, seperti dilaporkan laman resmi BWF (Badminton World Federation).

Atlet peringkat 26 dunia ini bisa menjadi lawan bagi Prannoy Haseena Sunil Kumar, tunggal putra India yang unggul jauh dari segi peringkat. Sunil Kumar sekarang berperingkat 3 dunia.

Prediksi Line-up Indonesia vs India



Jika berdasarkan pertandingan semifinal, berikut adalah prediksi line-up duel final Indonesia vs India dalam gelaran Piala Thomas 2022.

Tunggal Putra Pertama
Anthony Sinisuka Ginting vs Lakshya Sen

Ganda Putra Pertama
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Tunggal Putra Kedua
Jonatan Christie vs Kidambi Srikanth

Ganda Putra Kedua
Fajar Alfian/Muhammad Rian vs Krishna Prasad Garaga/Vishnuvardhan Goud Panjala

Tunggal Putra Ketiga
Shesar Hiren Rhustavito vs Prannoy Haseena Sunil Kumar

Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs India di MNCTV



Jadwal siaran langsung Indonesia vs India dalam final Thomas Cup 2022 digelar mulai pukul 13.00 WIB, pada Minggu, 15 Mei 2022. Laga bisa disimak via tayangan live streaming MNCTV melalui laman RCTI+.

Live Streaming Thomas Cup Indonesia vs India MNCTV


Baca juga artikel terkait THOMAS CUP 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight