tirto.id - Joget sadbor yang belakangan viral di media sosial TikTok menjadi perbincangan publik lantaran dikabarkan dapat meraup penghasilan yang cukup fantastis. Lantas, siapa sadbor yang joget TikTok viral dan penghasilannya?
Joget sadbor yang berasal dari akronim kata “Saudara Bor”. Aksi joget sadbor dilakukan oleh sekelompok bapak-bapak dengan mengikuti alunan musik. Jogetan yang ditampilkan tampak sederhana tapi berhasil menarik perhatian publik.
Bapak-bapak tersebut menampilkan aksinya di akun media sosial TikTok @sadbor89 melalui siaran langsung. Penonton yang terhibur dengan aksi mereka kerap memberikan saweran berupa hadiah atau gift yang dapat ditukar menjadi uang tunai.
Ketika penonton memberikan mereka saweran, para sadbor akan mulai berjoget dengan gerakan unik mereka. tak lupa para bapak-bapak itu akan mengucapkan kalimat khusus dengan menyebut nama pengguna TikTok yang memberikan mereka hadiah.
Salah satu contohnya adalah aksi para sadbor yang diunggah pada 10 Oktober 2024, “bor bor, beras habis bor, mari kita joget Bapak Adi Negara nih Bor,” ucap mereka yang langsung bergoyang diikuti alunan musik khas dengan nama DuoBandoJoget1.
Mulanya, joget sadbor dikenal dengan nama joget patuk ayam. Tetapi, setelah jogetan tersebut viral, namanya diganti menjadi joget sadbor, mengikuti nama akun TikTok yang mempopulerkannya.
Siapa Sadbor Joget TikTok?
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, sadbor adalah sekelompok bapak-bapak. Namun, tokoh kunci yang memulainya adalah seorang laki-laki bernama Gunawan.
Merangkum dari berbagai sumber, Gunawan awalnya berprofesi sebagai penjahit keliling di Jakarta. Ketika melakoni pekerjaannya sebagai tukang jahit, Gunawan kerap melakukan siaran langsung sambil berkeliling menawarkan jasanya.
Kemudian, suatu saat melalui siaran langsung tersebut, ia mendapatkan hadiah dari penonton. Setelah mendapat hadiah tersebut, ia berpikir bahwa siaran langsung dapat memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan.
Gunawan lalu memutar otak agar dapat menarik perhatian penonton. Ia kemudian mendapatkan ide untuk mencoba berjoget. Siapa sangka jogetnya mendapatkan banyak penonton. Ia kemudian memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Sukabumi dan fokus untuk berjoget di TikTok.
Penghasilan yang cukup banyak itu membuat banyak rekan-rekan di kampungnya tertarik untuk ikut berjoget. Gunawan lalu mengajak mereka sehingga membentuk sadbor yang terdiri dari sekelompok bapak-bapak berjumlah 7 hingga 10 orang.
Berapa Penghasilan Sadbor?
Berdasarkan wawancara Trans TV yang ditayangkan di kanal YouTube Insertlive pada 24 Oktober 2024, Gunawan mengatakan dirinya mulai fokus membuat konten video siaran langsung joget ketika pandemi Covid-19.
Ketika itu, Gunawan mengaku mendapatkan penghasilan dari hadiah yang diberikan penonton sekitar Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per hari. Ia tetap fokus pada kegiatan tersebut sehingga sampai viral dan terkenal seperti sekarang.
“Waktu itu kan Covid ya, Corona, coba ngonten-ngonten bikin video TikTok, ya ada dapet 60 ribu per hari ada 50 ribu, tapi dicoba terus, dicoba terus, akhirnya sampai sekarang,” ucapnya.
Untuk penghasilan Gunawan saat ini ia tidak menyebutkannya secara rinci. Ia hanya mengatakan bahwa dirinya mengambil keuntungan 20 persen dari hadiah yang diperoleh. Sementara itu, 80 persen lainnya dibagikan untuk tim yang ikut serta dalam siaran langsung.
“Itu kan kalau penghasilan, sadbor kan sama tim-tim ya, jadi sadbor ambilnya 20 persen sebetulnya. Jadi, ambil 20 persen, sisanya sadbor bagikan, kan ada 8 orang, ada 10 orang, ada 7 orang, tergantung mereka karyawan-karyawannyalah. Cuma sadbor ambil 20 persen,” ungkapnya.
Namun, berdasarkan video yang beredar di media sosial, diperkirakan penghasilan Gunawan dari TikTok mencapai puluhan juta rupiah per bulan.
Penghasilan yang dikumpulkan Gunawan dari joget sadbor membuat dirinya mampu merenovasi rumah menjadi dua lantai, bangunan tersebut tampak cukup mewah dan megah. Gunawan juga bisa melunasi utang yang dulunya digunakan untuk pengobatan ibunya yang sakit stroke.
Akun TikTok sadbor @sadbor86 saat ini sudah memiliki lebih dari 671 ribu pengikut. Setiap konten video sadbor yang diunggah melalui akun TikTok tersebut sukses mendapatkan jutaan penonton.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra